PT Freeport Indonesia

Rumah Kopi Amungme Bagian Upaya PT Freeport Indonesia Sejahterakan Petani Kopi di Mimika

Rumah Kopi Amungme Gold merupakan satu di antara binaan PT Freeport Indonesia (PTFI) di bawah naungan Community Development sejak 1998.

Penulis: M Choiruman | Editor: Roy Ratumakin

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Mohammad Choiruman

TRIBUN-PAPUA.COM, MIMIKA – Suasana santai dan nyaman mewarnai Rumah Kopi Amungme Gold, di Jalan Malcon Timika Indah, Kelurahan Timika, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Hilir mudik pengunjung mewarnai bangunan yang disulap menjadi rumah kopi yang dikelola Koperasi Kopi Amungme Gold, satu di antara binaan PT Freeport Indonesia (PTFI) di bawah naungan Community Development sejak 1998.

Dengan ramah, pelayan dan barista di rumah kopi itu menyambut setiap pengunjung. Sejurus kemudian, mereka juga menawarkan aneka kopi dan makanan ringan yang tersaji di rumah kopi tersebut.

Baca juga: Rumah Kopi Amungme Gold Binaan Freeport Indonesia Diresmikan, Kopi Papua Makin Mendunia

“Silakan dipilih, banyak varian kopi asli Papua di rumah kopi ini. Bisa pesan yang panas atau yang dingin,” kata satu di antara barista dengan ramah.

Ya, itulah sekelumit suasana di Rumah Kopi Amungme Gold. Rumah kopi tersebut binaan PT Freeport Indonesia, di bawah naungan Community Development yang bertujuan untuk membina para petani kopi khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Mimika.

“Harapannya melalui koperasi ini lebih terkoordinir. Para petani kopi menjadi terbina, maulai perawatan tanaman, hingga panen dan penjualan hasil kebun tersebut,” terang Ketua Koperasi Amungme Gold, Jeremias Egatmang mengawali pembicaraan.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembinaan para petani kopi hingga akhirnya dibuat Rumah Kopi Amungme tersebut, agar lebih maksimal dalam melakukan pembinaan yang tujuannya agar kehidupan petani kopi di Kabupaten Mimika menjadi sejahtera.

Karena kopi yang diolah dan dipasarkan di Rumah Kopi Amungme tersebut merupakan hasil panen warga di wilayah Kabupaten Mimika.

Rumah Kopi Amungme mengumpulkan biji kopi dari petani, kemudian melakukan pengeringan, pengolahan hingga siap seduh yang sekaligus penjualan.  

Baca juga: Kisah Yafeth Wetipo, Tinggalkan Profesi Dosen dan Sukses jadi Pengusaha Kopi Papua

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved