Info Mimika

Aksi Terjun Payung Personel TNI saat Latihan Kasuari Perkasa Koopsud III Sita Perhatian Warga

Kegiatan ini adalah operasi militer selain perang dalam rangka membantu korban bencana alam yang bisa datang kapan saja

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TERJUN PAYUNG - Tampak personel TNI AU sedang melakukan terjun payung dalam rangkaian Latihan Kasuari Perkasa (Latihan Puncak Koopsud III) Markas Komandi Lanud Yohanis Kapiyau Timika, akhir pekan tadi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Latihan Kasuari Perkasa (Latihan Puncak Koopsud III) di Markas Komando Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Kabupaten Mimika akhir pekan tadi berlangsung lancar.

Aksi para anggota TNI di langit Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menyita perhatian masyarakat. Para peserta Latihan Kasuari Perkasa unjuk kebolehan terjun payung di langit Kota Timika.

Panglima Komando Operasi Udara III Kunjungi Lanud Yohanis Kapiyau Timika

Turut hadir dalam latihan itu, Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsekal Muda (Marsda) TNI Dr TB H Age Wiraksono, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Danlanud Timika, Letkol Pnb Slamet Suhartono, Kakansar Timika, George Leo Merchy Randang, dan tamu undangan lainnya.

"Kegiatan ini adalah operasi militer selain perang dalam rangka membantu korban bencana alam,” kata Asisten Operasi Kas Koopsau III, Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang kepada Tribun-Papua.com.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya juga melibatkan semua unsur, baik TNI-Polri, pemerintah, organisasi masyarakat, Basarnas, oraganisi siswa (pramuka) dan masih banyak yang lain.

Lanud Yohanis Kapiyau Timika Bantu Pembangunan Gereja di Wamena

Ia menyebut, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meminimalisir korban bencana alam di daerah.

"Kita tidak tahu kapan bencana alam itu terjadi sehingga kita wajib siap setiap saat. Jadi ketika terjadi semua sudah siap seperti janji sosial kita TNI-Polri dan pemerintah daerah," katanya.

Menurut Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, latihan Kasuari Perkasa dilakukan rutin dan sudah terjadwal setiap tahun namun bergilir, dimana hari ini dilakukan di Lanud Yohanis Kapiyau Timika.

Jabatan Komandan Lanud Silas Papare Diserahterimakan, Pangkoopsud III: Bangun Sinergitas

"Kami libatkan 180 personel didalam latihan dengan leading sektornya adalah TNI AU koopsud III, Lanud Timika, pihak bandara Mozes Kilangin, pihak PT Freeport dalam bidang kebandaraan, TNI-AD, TNI-AL, Polres Mimika, Basarnas, Saka Dirgantara, PMI Cabang Mimika," ucapnya.

Lanjutnya, latihan hari ini cukup banyak personel terlibat namun ini masih dalam bentuk kekuatan kecil karena ini merupakan event sektor Indonesia bagian timur yang dilakukan oleh TNI-AU.

Mengenai persiapan pelatihan telah dilakukan koordonasi dengan Lanud Kapiyau Timika satu bulan belakangan ini.

Lanud Yohanis Kapiyau Timika Bantu Pembangunan Gereja di Wamena

"Kami berharap dalam rencana strategis kedepan adalah Lanud Yohanis Kapiyau akan kita perbersar karena akan ada tambahan alustista berupa pesawat dan personel. Fasilitas kantor, perumahan, kesehatan, pendidikan menjadi kontrol di Lanud Kapiyau Timika hingga 2040 kedapan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada latihan kali ini pesawat yang digunakan ada dua peswat CN 235 bekemampuan kargo dan patroli udara, dan helikopter karacal milik TNI-AU.

Ada juga demo terjun payung dengan melibatkan personel 10 orang dari Batalion 468 Paskas Biak, demo keselamatan dilakukan Basarnas Timika, PMI disusul dengan pertunjukan lain seperti membentangkan bendera merah putih dari ketinggian 700 khaki. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved