Penghijauan di Bukit Yotoro

Duta Pariwisata Enggo Yauw Tanam Pohon dan Kenalkan Wisata di Bukit Yotoro Jayapura

Beberapa kali tanaman lain sejak 2021 lalu, namun tidak bertahan lama, lalu mati karena kondisi tanah kurang bagus dan cuaca panas

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TANAM POHON – Runner Up II Duta Pariwisata Enggo Kabupaten Jayapura, Merlin Marweri bersama Komunitas Menoken Mamta menanam 1.000 pohon Kelor di Bukit Yotoro, Kabupaten Jayapura, Minggu (28/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Runner Up II Duta Pariwisata Enggo Kabupaten Jayapura, Merlin Marweri bersama Komunitas Menoken Mamta menanam 1.000 pohon Kelor di Bukit Yotoro, Kabupaten Jayapura sebagai upaya peduli lingkungan, sekaligus memperbaiki lahan kritis di daerah itu.

Pesan Sekda Kabupaten Jayapura kepada 28 Putra Putri Pariwisata: Jangan Malu dengan Budaya Papua

"Kami sudah coba beberapa kali tanaman lain sejak 2021 lalu, namun tidak bertahan lama, lalu mati karena kondisi tanah kurang bagus dan cuaca panas," ujarnya kepada Tribun-Papua.com, Minggu (28/8/2022).

Merlin menjelaskan, tanaman yang dia tanam sebelumnya yakni Pohon Pete dan Asam Jawa berhasil tumbuh. Namun hanya beberapa, selain itu Pohon Cemara dan Rambutan tidak berhasil sama sekali.

"Jadi sebelumnya kami buat pagar karena disini banyak sapi. Hari ini tanam 150 bibit kelor sebagai peningkatan ekonomi masyarakat dan dorong wisata, dari 1000 pohon kami tunggu tunasnya muncul lalu ditanam lagi," terangnya.

28 Finalis Putra Putri Pariwisata Yauw Enggo Pikat Dewan Juri dengan Busana Adat dan Tarian

Berkolaborasi bersama Komunitas Rumah Bakau, Jalan Jalan Seru, dan Menoken gerakan menanam itu sekaligus memperkenalkan Bukit Yotoro yang biasanya dikunjungi wisatawan untuk berkemah, juga menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

Sebagai pemuda dari Kampung Kwaderware, Merlin berpesan saat ini lingkungan dan hutan di Papua masih bisa diselamatkan berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia.

Merlin pun menawarkan desitinasi wisata yang dapat dikunjungi yakni Batu Beranak di Pulau Mantai.

Ini Pesan Sekda Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi kepada Finalis Putra Putri Pariwisata Enggo Yauw

Sementara itu, Duta Pariwisata Yauw, Jeremy Wally mengatakan penanaman 1.000 pohon ini diikuti anak muda, sehingga perlu adanya penyebaran informasi secara luas.

Melihat animo masyarakat pada wisata di Bukit Tungkiwiri, lanjutnya, pemerintah Kabupaten Jayapura dapat membangun fasilitas seperti  pondok, kamar mandi umum, dan tempat berdagang untuk masyarakat.

"Tempat sampah di perbanyak, spot -spot foto bisa, karena potensinya besar sekali kedepannya untuk masyarakat," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved