Destinasi Wisata Kota Jayapura

Eksotika Pulau Kura-kura di Kampung Nelayan Hamadi Kota Jayapura Papua

Untuk masuk ke tempat wisata Kampung Nelayan Hamadi, wisatawan tak perlu membayar alias gratis, hanya perlu merogoh kocek sekira Rp 5.000

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
KAMPUNG NELAYAN - Salah satu destinasi wisata di Kota Jayapura adalah Kampung Nelayan Hamadi. Di tempat ini, pegunjung juga bisa sambil melihat eksotika Pulau Kura-kura yang ada di kampung tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Akhir pekan telah tiba, salah satu spot yang dapat dikunjungi di Kota Jayapura, yakni Kampung Nelayan Hamadi dengan pemandangan Pulau Kura-kura di depannya.

Sejak diresmikan tahun 2019 lalu, Kampung Nelayan di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura telah menjadi salah satu destinasi unggulan Dinas Pariwisata Kota Jayapura dan primadona bagi masyarakat.

Wisata Papua: Pesona Pantai Base G di Jayapura

Tempat wisata ini berjarak 4,7 Kilometer dari pusat Kota Jayapura yakni Taman Imbi, dengan memakan waktu sekira belasan menit saja, apabila kondisi arus lalu lintas lancar.

Ada dua jalur untuk memasuki area Kampung Nelayan Hamadi, pertama berhenti di sekitar Gereja GKI Imanuel Hamadi dan kemudian memasuki lorong perkampungan Nelayan lalu sampai di jembatan yang menjadi objek wisatanya.

Namun, ada juga yang memasuki area Kampung Nelayan Hamadi melalui kawasan hamadi perikanan, meski tak begitu banyak pengunjung yang memanfaatkan jalur ini.

Wisata Papua: Pesona Pantai Tablanusu yang Diselimuti Kerikil Hitam

Wisatawan yang menggunakan kendaraan memang harus terlebih dahulu memarkir kendaraannya di area luar, sebelum memasuki perkampungan Nelayan.

Untuk masuk ke tempat wisata Kampung Nelayan Hamadi, wisatawan tak perlu membayar alias gratis, hanya perlu merogoh kocek sekira Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk parkiran saja.

Setibanya di spot wisata Kampung Nelayan Hamadi, wisatawan akan disuguhi pemandangan lepas pantai Samudera Pasifik dan dari jarak yang tak begitu jauh, tampah Pulau Kura-kura di seberang.

Wisata Papua: Ini 5 Pantai Cantik di Distrik Depapre Kabupaten Jayapura

Pulau Kura-kura yang tampak dari Kampung Nelayan Hamadi ialah sebuah pulau bebatuan tak berpenghuni, yang dari kejauhan tampak nyaris seperti Kura-kura.

Jembatan Kampung Nelayan yang dibangun sepanjang 2 kilometer oleh Pemerintah itu, dilengkapi taman dan sign tulisan Kampung Nelayan Hamadi.

Pantauan Tribun-Papua.com Minggu (28/8/2022), tampak para wisatawan harus bergantian untuk mengantre, agar dapat mengabadikan momen di Kampung Nelayan Hamadi.

Wisata Papua: Ini 5 Kuliner Olahan Sagu Khas Papua

Kemudian, yang menjadi daya tarik pengunjung ialah pinggir tembok pembatas jembatan tersebut dihiasi dengan ukiran bermotif khas budaya Papua.

Selain itu, para pengunjung ataupun wisatawan biasanya memanfaatkan akhir pekan ke Kampung Nelayan Hamadi untuk memancing ikan untuk disantap.

Karena memang Kawasan Hamadi dikenal sebagai pusat perikanan terbesar di ibu kota Provinsi Papua itu, sehingga konsep minawisata yang menjadi model dalam pengembangan sektor wisata. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved