Breaking News:

Pemilu 2024

Geser Zulhas, PAN Rekomendasikan 2 Sosok Potensial Ini di Pilpres: KIB Terancam Bubar?

Ada kemungkinan terbentuknya poros baru jelang Pilpres 2024 antara PAN, PKS, dan Nasdem. KIB dilengserkan?

(KOMPAS.com/ HARYANTI PUSPA SARI)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pidato sambutannya dalam pembukaan Kongres V PAN di Lapangan MTQ Tugu Persatuan, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Partai Amanat Nasional (PAN) merekomendasikan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai 2 dari 9 kandidat yang akan diusung di Pilpres 2024.

Hal itu mengemuka dalam rapat kerja nasional (rakernas) PAN, baru-baru ini.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menganggap ada kemungkinan terbentuknya poros baru jelang Pilpres 2024 antara PAN, PKS, dan Nasdem.

Strategi itu dimungkinkan untuk merebut tahta Presidenn Joko Widodo (Jokowi).

"Artinya, bila PAN dan Nasdem bersama, maka tinggal dibutuhkan 1 partai (untuk dapat mengusung calon presiden). "

Baca juga: Lengserkan Ganjar, Puan Bakal Duet dengan Sosok Ini di Pilpres: Dicintai Ulama dan Dibidik NasDem

"Bila merujuk dinamika di internal akar rumput PKS yang condong ke Anies, maka ini bisa melahirkan poros baru atau mampu memenuhi presidential threshold," ungkap Agung melalui keterangan tertulis, Minggu (28/8/2022).

Ia tak menampik soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang sebelumnya telah terbentuk antara PAN, PPP, dan Golkar, bisa terancam.

"Kemungkinan ini semakin diperkuat karena Nasdem sejak awal mengusung paket pemersatu yang terejawantah dalam pasangan Anies-Ganjar atau Ganjar-Anies," tambah Agung, merujuk pada Rakernas Nasdem, Juni lalu.

Waktu itu, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh merekomendasikan Anies, Ganjar, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai opsi capres 2024 dari partainya.

"Pertanyaan mendasarnya mengemuka, setelah Puan semakin nyata mendeklarasikan diri maju sebagai capres, apakah Ganjar berani meninggalkan PDI-P?" ujar Agung.

Dalam rakernas kemarin, PAN mengobral tiket capres 2024 kepada sedikitnya 9 nama, yang diklaim berasal dari usulan kader-kader partai berlambang matahari itu di 34 provinsi.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, menegaskan nama-nama itu baru sebatas usulan yang muncul dalam rakernas PAN. Rakernas kemarin diklaim belum memutuskan figur capres yang bakal mereka usung.

Para ketua umum partai politik yang tergabung dalam KIB sama-sama beroleh peluang maju capres 2024 dari PAN.

“Satu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kader pasti inginnya ketua umumnya. KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) itu ada tiga (partai) yang kedua, beberapa DPW (mengusulkan) Pak Airlangga untuk (jadi) calon presiden,” papar Zulhas dalam pidatonya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved