Info Jayapura

Antisipasi Kondisi Kritis, 30 Nelayan di Jayapura Ikuti Pelatihan Perawatan Mesin Kapal

Pelatihan ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku usaha, khususnya para Nelayan agar memiliki keterampilan dan kemampuan

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PELATIHAN - Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi saat meninjau pelatihan perawatan dan perbaikan mesin kapal Ikan bersama para Nelayan di Kota Jayapura, Papua, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam mengantisipasi kondisi kritis saat aktivitas melaut, sebanyak 30 Nelayan mengikuti pelatihan perawatan dan perbaikan kapal Ikan dari Dinas Perikanan Kota Jayapura.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Kota Jayapura, Probvinsi Papua, Selasa (30/8/2022) dan dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi.

Dinas Perikanan Kota Jayapura Jangkau Anak-anak dengan Program Gemarikan

"Pelatihan ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku usaha, khususnya para Nelayan agar memiliki keterampilan dan kemampuan merawat serta memperbaiki mesin kapal," jelas Matheys kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Selasa (30/8/2022).

Menurut pihaknya, pelatihan yang diadakan sangat penting karena melihat kondisi geografis Kota Jayapura, di mana bagian utara berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik.

"Tentu dengan kondisi ini, sangat mengancam nyawa dan keselamatan nelayan ketika melaut dan menangkap ikan, " ujarnya.

Peduli Gizi dan Cegah Stunting, Dinas Perikanan Kota Jayapura Gencarkan Program Gemarikan

Melalui kegiatan itu, Matheys memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan perawatan dan perbaikan kapal Ikan.

"Pasalnya, semenjak pandemi Covid-19 selama 2 tahun belakangan, Pemerintah melarang dan membatasi kegiatan-kegiatan yang menghadirkan orang dalam jumlah banyak, " sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia pelatihan, Jhon Banti kepada Tribun-Papua.com, menyampaikan pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan selama 1 hari, dengan menghadirkan instruktur handal dari Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Papua.

Dorong Produktivitas Nelayan Lokal, Dinas Perikanan Kota Jayapura Lakukan Ini

Salah satu peserta, Engel Karubaba juga mengaku senang, karena mendapat pengalaman dan keterampilan melalui pelatihan itu.

"Dengan mengikuti pelatihan ini akan mentransfer ilmunya ke anggota kelompok yang lain," imbuhnya.

Untuk diketahui, pelatihan ditutup dengan melakukan demo bongkar mesin oleh Nelayan, sehingga diharapkan teori yang sudah diterima dapat diaplikasikan di lapangan nantinya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved