Kunker Presiden Jokowi di Papua

Jokowi Resmikan Papua Football Academy, Puji Legenda Sepak Bola Rully Nere: 'Iriana Juga Nge-fans'

Jokowi sempat berinteraksi dengan legenda timnas sepak bola Indonesia tahun 1980-an, Rully Rudolf Nere atau yang dikenal luas dengan nama Rully Nere.

Tribun-Papua.com/Istimewa
LAUNCHING - Presiden Joko Widodo bersama mantan pemain sepakbola Timnas Indonesia Rully Nere saat meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Jayapura, Rabu (31/8/2022).(dok.Sekretariat Presiden) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Papua Football Academy (PFA) akhirnya dirsmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022) pagi.

Jokowi dalam peresmian ini sempat berinteraksi dengan legenda tim nasional sepak bola Indonesia tahun 1980-an, Rully Rudolf Nere atau yang dikenal luas dengan nama Rully Nere.

Presiden memberikan sambutan pada agenda peresmian PFA.

Awalnyha, Jokowi menuturkan tanah Papua banyak melahirkan talenta berbakat sepak bola.

Baca juga: Rela Berpanas-panasan, Ratusan Murid SD Sambut Meriah Presiden di Kampung Harapan

"Kita tahu tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang berbakat. Tadi Pak Dirut (Dirut PT Freeport Tonny Wenas) sudah menyampaikan, Rully Nere, ada yang kenal? Oh Pak Ruly ada? Oh ya, Pak Rully Nere ada," ujar Jokowi sebagaimana dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

"Kita ingat juga Johanes Sauri, betul? Pak Rully boleh ke sini. Ini Pak Rully depan dengan saya biar pada lihat semuanya," lanjut Jokowi mengundang Rully Nere agar naik ke atas panggung.

Rully Nere kemudian menuju panggung dan berdiri di samping Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

"Ada juga kita ingat Aples Tecuari, ada juga yang saya ingat Alexander Pulalo, benar? Kalau orangnya ada, naik panggung."

"Ada juga, yang agak ke sini, Boas Solossa. Ada juga Ellie Aiboy, kalau ke sini lagi ada Ramai Rumakiek dan yang saya seneng sering lihat Ricky Kambuaya," tutur Jokowi menyebutkan satu per satu pemain bola asal Papua.

Setelah itu, Kepala negara lantas memuji kehebatan Rully Nere bermain bola.

Menurutnya, banyak masyarakat yang mengidolakan Rully saat masih aktif sebagai pemain sepak bola.

"Dulu kalau Pak Rully ini main, enggak laki, enggak perempuan, semuanya nge-fans semuanya. Termasuk Bu Jokowi ini seneng sama Pak Rully Nere," jelas Jokowi.

Presiden pun menuturkan, apabila generasi muda di Papua ingin menjadi pesepak bola andal saat ini sudah ada Papua Football Academy.

"Ingin seperti mereka? legenda-legenda ini? jalannya sudah ada di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy."

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved