Kongres Masyarakat Adat

Kampung Enggros Jayapura Sediakan 17 Rumah untuk Hunian Peserta KMAN

Sebanyak 17 rumah warga telah dipastikan siap menampung peserta sarasehan dalam Kongres ke-VI Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) di Kampung Enggros.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) Enggros, Rully M Merauje saat diwawancarai Tribun-Papua.com di Distrik Abepura, mengenai kesiapan dalam menghadapi KMAN VI pada Oktober 2022 mendatang, Rabu (31/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sebanyak 17 rumah warga telah dipastikan siap menampung peserta sarasehan dalam Kongres ke-VI Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) di Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Hal itu ditegaskan Kepala Kampung Enggros, Rully M Merauje kepada Tribun-Papua.com di Distrik Abepura Rabu (31/8/2022).

"Sejauh ini informasi soal KMAN VI yang kami terima dari Pemkot Jayapura sudah dilakukan survei di kampung, dan ada beberapa hal yanh menjadi tolok ukur terkait kesiapan Kampung Enggros," jelasnya.

Baca juga: Sambut Peserta KMAN VI di Kampung Kayo Pulau Jayapura, 15 Rumah Warga dan 2 Dapur Umum Disiapkan

Pihaknya juga saat ini telah melakukan pendataan bagi rumah warga dan kesiapannya sebagai hunian peserta KMAN VI.

"Ini sudah ada 17 rumah warga yanh telah didata dan siap, ke depannya akan ditambah sesuai kebutuhan," tegasnya.

 

 

Mewakili masyarakat Kampung Enggros, Rully menyampaikan pihaknya merasa bangga karena kampung dengan ekosistem mangrove alami itu dapat dipilih menjadi salah satu tempat pelaksanaan sarasehan dalam Kongres adat di Kota Jayapura.

"Melalui kongres adat nasional nantinya, kita harapkan aspirasi dari kepala adat dan masyarakat Kampung Enggros dapat tersampaikan dengan baik," harapnya.

Selain itu, iven KMAN VI yang dilaksanakan untuk pertama kali di Papua tersebut, dapat menjadi momen penting bagi perhatian Pemerintah terhadap komunitas masyarakat adat.

Baca juga: Intip Agenda Pelaksanaan KMAN VI di Oktober Mendatang, Ada Defile Budaya!

"Kita harapkan pula promosi tempat-tempat wisata di Kota Jayapura, khususnya Kampung Enggros dapat dikenal lebih luas dan membuka objek wisata baru yang ujung-ujungnya memberikan kesejahteraan masyarakat kampung," jelasnya.

Terakhir, Rully optimis melalui momen KMAN VI, budaya wilayah adat Tabi dapat dikenal luas oleh komunitas masyarakat adat di seluruh Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara.

Sekadar diketahui, Kongres ke-VI Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) direncanakan akan digelar pada Oktober 2022 mendatang dan dipusatkan di Kabupaten Jayapura, Papua. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved