Ketika Jokowi Minta Maaf soal Baju yang Dipakainya saat Bagikan NIB Usaha di Jayapura

Presiden Jokowi sempat meminta maaf soal pakaian yang dikenakannya saat menghadiri pemberian NIB kepada UMK di GOR Toware, Jayapura, Rabu (31/8/2022).

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memakai noken di Pasar Doyo Baru, Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua - Presiden Jokowi sempat meminta maaf soal pakaian yang dikenakannya saat menghadiri pemberian NIB kepada UMK di GOR Toware, Jayapura, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meminta maaf mengenai pakaian yang dikenakannya saat kunjungan kerja di Papua.

Permintaan maaf itu disampaikan Jokowi ketika menghadiri pemberian nomor induk berusaha (NIB) kepada usaha mikro dan kecil (UMK) di GOR Toware, Jayapura, Rabu (31/8/2022) pagi.

Dalam acara tersebut, Jokowi terlihat mengenakan kaus lengan panjang warna putih.

Baca juga: Kunjungi Jayapura, Presiden Jokowi Malah Disambut Aksi Massa, Pamflet Dibentangkan

Presiden Jokowi menegaskan Kasus mutilasi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua harus dilakukan tuntas dan proses hukum.
Presiden Jokowi saat di Papua. (Tribun-Papua.com/Calvin Erari)

Jokowi meminta maaf karena mengenakan kaus di acara tersebut karena baru meluncurkan Papua Football Academy dan bermain sepakbola dengan anak-anak di Stadion Lukas Enembe.

"Mohon maaf saya masih pakai kaus karena tadi baru membuka (Papua Football Academy) dan ikut main sepak bola," kata Jokowi disambut riuh tepuk tangan hadirin, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi bercerita, setelah bermain sepakbola, ia tidak sempat mengganti pakaian karena langsung beranjak ke pasar di Sentani untuk membagikan bantuan langsung tunai (BLT).

Baca juga: Resmikan Papua Football Academy, Jokowi: Saya Mau Ada Legenda Baru Sepak Bola Lahir dari Sini

"Belum sempat ganti pakaian, karena langsung katanya di pasar 'sudah Pak sudah terlambat nih di pasar', ke pasar di Sentani, kemudian meluncur ke sini," ujar Jokowi.

Jokowi pun mengaku senang karena Papua menjadi lokasi pembagian NIB pertama di luar Pulau Jawa.

Ia pun mengingatakan pentingnya NIB karena pengusaha yang memiliki NIB dapat dikatakan sebagai pengusaha formal dan dapat mengakses modal dari bank.

"Kalau sudah pegang ini untuk apa? Bapak Ibu bisa akses permodalan ke bank, minta yang namanya KUR, kredit usaha rakyat," ujar mantan wali kota Solo tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Diteriaki di Pasar Doyo Baru, Noken Hadiah dari Mama Papua

Namun, Jokowi juga mengingatkan agar modal yang diperoleh oleh para pelaku usaha dimanfaatkan dengan hati-hati karena uang tersebut mesti dikembalikan dalam bentuk angsuran.

Untuk itu, ia berpesan supaya para pelaku usaha berpikir matang sebelum mengajukan pinjaman ke bank.

"Jangan dipakai yang namanya uang bank itu untuk beli barang-barang kenikmatan dan kemewahan seperti itu, enggak. Harus semuanya untuk modal kerja, semuanya untuk modal investasi," kata Jokowi. (Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bagikan NIB Usaha di Jayapura, Jokowi Minta Maaf Datang Pakai Kaus

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved