Digitalisasi Kampung di Kota Jayapura

Pemkot Jayapura Komitmen Digitalisasi Kampung untuk Promosi Potensi Wisata

Akses layanan internet orbit bagi 14 kampung di Kota Jayapura secara bertahap ini, selain untuk memberikan kemudahan pelayanan dan promosi wisata

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
DIGITALISASI KAMPUNG - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Jayapura, Binton Nainggolan saat diwawancarai awak media termasuk Tribun-Papua.com terkait digitalisasi kampung dengan jaringan internet orbit di Abepura, Kamis (1/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura berkomitmen untuk mendigitalisasi 14 kampung di Kota Jayapura dengan akses layanan internet orbit, guna meningkatkan promosi potensi wisata dan kemudahan pelayanan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Jayapura, Binton Nainggolan kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (1/9/2022).

Kampung Wisata Tobati di Jayapura Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

"Dengan nantinya pemberian akses layanan internet orbit bagi 14 kampung di Kota Jayapura secara bertahap ini, selain untuk memberikan kemudahan pelayanan dan promosi wisata, tetapi juga kita ingin membiasakan masyarakat dengan dunia digital," tandasnya.

Pihaknya juga bersama Telkom akan memberikan kuota data gratis selama 1 tahun untuk memudahkan masyarakat, dalam menenuhi kebutuhan kepengurusan berbagai keperluan di lingkup Pemkot Jayapura.

"Tentu kita terus mendorong ini, bersama mitra-mitra terkait agar supaya upaya menuju Smart City atau Kota Pintar itu betul-betul dirasakan," sebutnya.

Ia juga menegaskan bahwasanya, warga Kota Jayapura tentu tak boleh ketinggalan terkait akses digital dengan daerah lainnya di luar Papua.

"Kita akan terus berikan sosialisasi kepada masyarakat terkait digitalisasi dan juga pemanfaatan internet orbit ini, tentu sekali lagi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat," bebernya.

Jembatan Warna-warni Jadi Icon Kampung Wisata Yoboi di Tengah Hutan Sagu Jayapura

Dengan hadirnya internet orbit di kampung, dikatakannya masyarakat kampung dapat menggunakan sebagai sarana atau media hiburan, serta juga sebagai media bekerja, belajar dari rumah, mencari referensi, dan lainnya.

"Aparat kampung Telkomsel Orbit juga dapat membantu kinerja aparat kampung dalam meningkatkan pelayanan terkait transparansi anggaran kampung, sistem informasi kampung, media komunikasi kampung, dan bertujuan sebagai peningkatan PAD kampung," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved