Kunker Presiden Jokowi di Papua

Presiden Jokowi Minta Pelaku UMKM Jangan Salah Gunakan NIB

Presiden Jokowi menyerahkan 2.700 Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di GOR Toware.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Seusai menyerahkan 2.700 NIB, Presiden Jokowi berpesan para UMKM di Gor Toware, Doyo, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jokowi berperan para UMKM yang tengah mendapatkan NIB untuk dapat menggunakan sebaik-baiknya dan tidak menggunakan untuk kenikmatan pribadi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan 2.700 Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di GOR Toware, Doyo, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (31/8/2022).

Dalam penyerahan itu, Jokowi didampingi beberapa Menteri, seperti Menteri BUMN, Menteri Investasi, dan Mensesneg.

Saat menyerahkan NIB, Jokowi mengatakan para pelaku UMKM dapat menggunakannya ke lembaga-lembaga keuangan, baik bank maupun non bank untuk mengakses Kredit usaha rakyat (Kur) agar mendapatkan modal usaha, kerja, dan investasi.

Baca juga: Jokowi Bawa Anak Jayapura Pulang Kampung saat Kunjungan ke Papua, Ini Sosoknya

Namun, dia berpesan agar para pelaku UMKM untuk harus berhati-hati dalam sistem permodalan saat melakukan peminjaman ke bank.

"Saya titip hati-hati, yang namanya pinjam ke bank itu harus kalkulasi serta dihitung yang detail, jangan sampai keliru, karena itu bukan duit bapak-ibu semua, itu duitnya bank yang harus dikembalikan, atau dicicil setiap bulannya," kata Jokowi.

 

 

Lanjut dia, kalau sudah dilakukan peminjaman maka harus digunakan sebaik-baiknya untuk modal usaha.

"Misalkan pinjam dan dapat Rp 50 juta, jangan digunakan untuk beli motor, tidak seperti begitu, kalau pinjam berarti semuanya harus untuk modal kerja, investasi, dan usaha, nanti kalau sudah dapat keuntungan baru disisihkan untuk membeli kendaraan dan lain sebagainya," ujarnya.

Baca juga: Ketika Jokowi Minta Maaf soal Baju yang Dipakainya saat Bagikan NIB Usaha di Jayapura

Dikatakan, tujuan pemberian NIB untuk menunjang kelancaran permodalan dalam membangkitkan UMKM menjadi pengusaha formal.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap dengan adanya NIB, maka seluruh kelembagaan BUMN juga dapat memberi peluang kepada pelaku UMKM untuk masuk kedalam sistem keuangan agar para pengusaha dapat mengembangkan usaha mereka. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved