Breaking News:

Kunker Presiden Jokowi ke Papua

Tarian Seka dari Suku Kamoro Papua Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Tarian ini merupakan tarian penyambutan tamu-tamu kebesaran yang melambangkan ucapan selamat datang dan rasa syukur kepada sang pencipta

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
TARIAN SEKA - Sekelompok penari Seka asli Suku Kamoro di Kabupaten Mimika, menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Tiba di Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Rabu (31/8/2022) Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung disambut tarian Seka dari suku Kamoro yang ada di Kabupaten Mimika.

Presiden Jokowi Tinjau Tambang Grasberg dan Luncurkan Teknologi 5G Mining

Tarian ini merupakan tarian penyambutan tamu-tamu kebesaran yang melambangkan ucapan selamat datang dan rasa syukur kepada sang pencipta.

Turut menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw.

Kemudian tampak hadir juga, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Evi Reza Pahlevi, Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, Danlanal Mimika Letkol Laut Apriles Lusien, dan Danlanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Slamet Suhartono.

Presiden bersama rombongan selanjutnya menuju ke Tembagapura guna bartemu dengan karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Saya senang PDRB di Kabupaten Mimika 68 persen itu berasal dari Freeport. Jadi bapak, ibu sekalian memiliki kontribusi yang besar kepada Kabupaten Mimika. Kontribusi terhadap PDRB di Papua itu sebesar 34 persen, juga gede sekali,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi Bawa Anak Jayapura Pulang Kampung saat Kunjungan ke Papua, Ini Sosoknya

Untuk itu, presiden meminta jajaran perusahaan tambang tersebut untuk berhati-hati dalam pengelolaan manajemen di dalamnya karena akan berdampak tidak hanya kepada PTFI sendiri, tetapi juga Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua secara keseluruhan.

“Saya titip Pak Tony Wenas, pengelolaan Freeport ini agar betul-betul dan hati-hati karena menyangkut banyak orang. Tak hanya yang ada di Freeport, tetapi yang ada di Mimika, juga di Provinsi Papua. Begitu ini turun, Papua ikut turun, Mimika ikut turun. Saya cek kontribusinya besar sekali,” lanjut Presiden. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved