Wisata Papua

Wisata Papua: Wisata: Sungai Jaifuri di Kampung Yokiwa yang Berjuluk 'Napas Danau Sentani'

Sungai Jaifuri di Kampung Yokiwa, Sentani Timur, merupakan destinasi wisata Papua yangmenarik untuk dikunjungi.

(KOMPAS.COM/Roberthus Yewen)
Sungai Jaifuri terbentang luas di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua - Sungai Jaifuri di Kampung Yokiwa, Sentani Timur, merupakan destinasi wisata Papua yangmenarik untuk dikunjungi. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sungai Jaifuri merupakan destinasi wisata Papua yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Sentani.

Sungai Jaifuri berlokasi di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. 

Dalam bahasa Sentani, Sungai Jaifuri disebut Itafily Wie.

Sungai ini disebut sebagai Napas Danau Sentani (NDS) lantaran merupakan sungai yang menghubungkan Danau Sentani dan Sungai Tami serta Laut Pasifik.

Baca juga: Wisata Papua: Pesona Pantai Nabire yang Berada di Dekat Bandara Douw Aturure

Dermaga dan pondok yang berada di sepanjang Sungai Jaifuri, Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.
Dermaga dan pondok yang berada di sepanjang Sungai Jaifuri, Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. ((KOMPAS.COM/Roberthus Yewen))

Kampung Yokiwa yang menjadi lokasi Sungai Jaifuri sendiri memiliki sebutan area segitiga emas.

Sebutan itu diberikan karena letaknya yang berada di perbatasan tiga daerah, yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura.

“Sebutan ini karena Kampung Yokiwa berada di perbatasan dua kabupaten dan satu kota. Masing-masing Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura,” kata Ketua Pemuda Kreatif Kampung Yokiwa, Renaldy Tokoro kepada Kompas.com, Jumat (8/4/2022).

Ketika kita berada di atas punggung Kampung Yokiwa, sejauh mata memandang tersaji pemandangan Danau Sentani yang eksotik sembari menikmati sunset atau senja yang memerah saat matahari beranjak tenggelam ke dalam danau.

Baca juga: Wisata Papua: Melihat Semburan Ombak yang Menghempas Batu Karang di Tanjung Saruri Biak

Bahkan, menurut Renaldy, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura telah menjadikan Kampung Yokiwa sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Papua.

Selain memiliki sunset yang indah, Kampung Yokiwa memiliki Sungai Jaifuri dan merupakan satu-satunya sungai yang berada di hilir dari Danau Sentani, sehingga Sungai Jaifuri mengatur keseimbangan debit air Danau Sentani.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved