Kunker Presiden Jokowi ke Papua

Presiden Jokowi Luncurkan Teknologi 5G Mining di PT Freeport Indonesia: Ini Pertama di Asia Tenggara

Hari ini, kita buktikan bahwa Indonesia telah bergerak lebih maju melalui penerapan 5G smart mining pertama di Asia Tenggara oleh PTFI

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
TEKNOLOGI 5G - Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran teknologi 5G Mining pertama di Asia Tenggara hasil kerja sama PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Tembagapura, Provinsi Papua. Pada kesempatan itu, Jokowi berbincang dengan operator jarak jauh dalam pemanfaatan teknologi 5G tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran teknologi 5G Mining hasil kerja sama PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Tembagapura, Provinsi Papua, Kamis (1/9/2022).

Penerapan teknologi 5G Mining merupakan bagian dari smart-mining solution PTFI. Hal ini merupakan penerapan pertama teknologi 5G di industri pertambangan Asia Tenggara. 

Presiden Jokowi Bangga Lihat Putra-Putri Indonesia Ambil Peran Optimalkan SDA di Papua

Hadir dalam peluncuran 5G Mining tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam. 

Teknologi 5G Mining akan mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia. Dalam sambutannya, Jokowi menekankan peran inovasi teknologi dalam menghadapi persaingan global di berbagai sektor yang semakin terdigitalisasi, terlebih untuk memajukan industri pertambangan dalam negeri. 

"Hari ini, kita buktikan bahwa Indonesia telah bergerak lebih maju melalui penerapan 5G smart mining pertama di Asia Tenggara oleh PTFI, bekerja sama dengan Telkomsel untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh,” terangnya.

Selain itu, juga dalam rangka meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan perusahaan. Dengan begitu, lanjut Jokowi, penerapan teknologi tersebut akan membuat PTFI semakin diperhitungkan di tingkat global, karena bisa menghasilkan semakin banyak sumber daya manusia di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia.

Jokowi Dukung Implementasi Teknologi di Sektor Pertambangan

Lebih lanjut, Presiden RI Jokowi mengungkapkan, intervensi teknologi, seperti penerapan konsep kecerdasan buatan (artificial intelligence), Internet untuk Segala (IoT), dan Mahadata (big data) dapat mendukung kegiatan operasional tambang yang efisien, modern, sekaligus aman dan berkelanjutan.

Melalui teknologi 5G smart mining, aktivitas tambang bawah tanah dapat dimonitor melalui kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan, sekaligus mencegah dan meminimalisir risiko kecelakaan kerja. 

PTFI telah menerapkan Advanced Digital Technology dalam operasional tambang bawah tanah melalui pengembangan sistem kendali jarak jauh menggunakan teknologi WiFi sejak tahun 2006, dengan melibatkan mitra pihak ketiga dan investasi puluhan juta dollar.

Ini yang Dilakukan Presiden Jokowi Sport Hall PT Freeport Indonesia

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved