Papua Terkini

Peduli Keberlanjutan, Masyarakat Adat Kampung Asai di Yapen Papua, Sepakat Lakukan Hal Ini

Masyarakat adat Kampung Asai yang melakukan tradisi Tasamu Rawanang ialah dari marga Kewari, Abubar, Puari dan Raubia.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
LINGKUNGAN - Masyarakat Kampung Asai di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, saat melakukan kesepakatan untuk melakukan tradisi ataupun kearifan lokal bernama Tasamu Rawanang, guna menjaga keberlanjutan sumber daya alami, beberapa waktu lalu, Minggu (4/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Peduli terhadap keberlanjutan sumber daya alam, masyarakat adat Kampung Asai di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, bersepakat untuk melakukan tradisi ataupun kearifan lokal bernama Tasamu Rawanang.

Dari informasi yang diterima Tribun-Papua.com Minggu (4/9/2022), Masyarakat adat Kampung Asai yang melakukan tradisi Tasamu Rawanang ialah dari marga Kewari, Abubar, Puari dan Raubia.

Secara bahasa, Tasamu Rawanang dalam bahasa lokal Asai berarti “Pele Laut” untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Baca juga: Pesan Sekda Kabupaten Jayapura kepada 28 Putra Putri Pariwisata: Jangan Malu dengan Budaya Papua

Tasamu Rawanang merupakan bentuk konservasi tradisional yang mengakar di budaya masyarakat adat Kampung Asai.

"Di mana, prakteknya dimulai pada beberapa waktu lalu hingga 22 Juni 2024, terkait ini masyarakat sepakat menjaga dan tidak mengambil sumber daya alam di lokasi kesepakatan tersebut," kata satu di antara tokoh masyarakat Ruben Lewi Abubar kepada Tribun-Papua.com.

 

 

Kawasan Tasamu Rawanang ini mempunyai luas sekitar 284 Hektar yang terdiri dari marga Kewari 81 Hektar, Abubar 56 Hektar, Puari 140 Hektar dan Raubia 7 Hektar.

Untuk itu, telah disepakati dengan dilakukannya pembatasan penangkapan Ikan pada wilayah tersebut yang dimulai pada 29 Agustus 2022 lalu, hingga 29 Agustus 2023.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved