Info Merauke

Terapkan Aturan Baru, Ini Persyaratan bagi Penumpang di Bandara Mopah Merauke Papua

Kemenhub tindaklanjuti SE Satgas Covid-19 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi covid-19.

Tribun-Papua.com/ Ida
Tampak depan Bandar Udara Mopah Merauke, Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Bandar Udara Mopah Merauke memberlakukan aturan terbaru bagi penumpang pesawat yang berangkat dan datang di Merauke, Papua.

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mopah Merauke, Ones Samperuru kepada Tribun-Papua.com mengatakan, syarat terbaru naik pesawat sesuai Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dalam masa pandemi Covid-19.

Kementerian Perhubungan menindaklanjuti SE Satgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 dengan merilis SE Kemenhub Nomor 82 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi covid-19. Diberlakukan sejak 29 Agustus 2022.

"Kita sesuai SE Nomor 24 Tahun 2022. Berlaku mulai 29 Agustus. PCR dan Rapid test antigen sudah dihilangkan, semua penumpang usia 18 tahun keatas yang berangkat wajib vaksin ketiga," tegasnya, Minggu (4/9/2022).

Ones merincikan, PPDN dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.

"Jika baru vaksin kedua, tidak diperkenankan melakukan perjalanan domestik," jelasnya.

Khusus PPDN berstatus warga negara asing (WNA) berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun keatas wajib telah mendapatkan vaksin kedua.

"Khusus untuk perjalanan luar negeri wajib vaksin kedua dan tidak wajib untuk tes PCR maupun rapid rest antigen covid 19," ujarnya.

Sedangkan PPDN dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Baca juga: 20 SPBU di Kabupaten Merauke Papua, Mengatur Ulang Mesin Harga BBM Terbaru

PPDN dengan usia 6-17 tahun berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan dari kewajiban vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved