Mutilasi di Mimika

Kapolres Mimika Ungkap Fakta Baru Kasus Mutilasi

Namun selama proses rekontruksi dilakukan polisi menemukan banyak fakta baru berdasarkan peranan dilakukan masing-masing tersangka.

Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra. 

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA- Proses rekontruksi kasus mutilasi yang mengakibatkan empat warga Kabupaten Nduga dilakukan di tempat kejadian perkawal (TKP) awal di Jalan Budi Utomo, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (3/9/2022) telah dilakukan.

Namun selama proses rekontruksi dilakukan polisi menemukan banyak fakta baru berdasarkan peranan dilakukan masing-masing tersangka.

"Jadi tindak lanjut fakta baru itu, sudah dilakukan pemeriksaan tambahan oleh penydidik," ungkap Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra kepada Tribun-Papua.com, Senin (5/9/2022) di Timika.

Baca juga: Tokoh Agama Kutuk Tindakan Oknum TNI Mutilasi Warga Nduga di Timika Papua

Lanjutnya salah satu contoh penemuan fakta baru diungkapkan oleh tersangka J awalnya dia tidak mengakui peganiayaan di TKP pertama. Tetapi pada saat rekontruksi saksi mengatakan kalau J juga ikut terlibat.

"Dari keterangan saksi kami langsung melakukan pemeriksaan tambahan kepada J," katanya.

Ia mengatakan dari keterangan saksi tersangka R (masih buron) sangat berperan aktif mulai dari perencanaan hingga mutilasi empat warga Nduga.

"Semuanya dia ikut hingga menyiapkan bensin untuk membakar mobil yang dirental oleh empat korban. Tersangka R juga adalah penghubung pihak korban dan selama ini komunikasi lancar hingga berujung pembantaian," jelas Kapolres.

Baca juga: Kasus Mutilasi di Timika Libatkan Oknum TNI, Ini Kata Pangdam Saleh Mustafa!

Lanjutnya, saat ini tim Satreskrim Polres Mimika masih melakukan pendalaman di lapangan untuk menangkap tersangka R.

Tersangka DPO ini masih diburu dimana saat ini penyekatan jalur air dan bandara telah dikawal ketat personel," pungkasnya.

Sekedar diketahui adapun identitas empat korban mutilasi antara lain Arnold Lokbere, Leman Nirigi, Irian Nirigi dan Atis Tini.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Diminta Evaluasi Operasi Militer di Papua, Prajurit TNI Terlibat Mutilasi

Untuk tersangka sipil berinisial APL alias Jeck, DU, R, dan RMH.

Sedangkan tersangka oknum anggota TNI yakni Mayor Inf HF, Kapten Inf DK, Praka PR, Pratu Ras, Pratu PC, dan Pratu R. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved