Harga BBM Resmi Naik

Polres Jayapura Antisiapsi Gejolak Kenaikan Harga BBM

Kenaikan BBM pada Sabtu (2/9/2022) lalu, Polres Jayapura melakukan patroli dan pengamanan di SPBU di Sentani, Papua.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
ANTRE BBM - Suasana pengisian BBM di SPBU Permindo Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (24/8/2022). Pemerintah akan menaikkan harga BBM khususnya Pertalite dan Solar subsidi. Kenaikan BBM ini akibat jebolnya APBN khususnya subsidi energi diperkirakan mencapai Rp 502,4 triliun. 

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W A Maclarimboen menyatakan pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan memantau pendistribusian di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan pengecer di Kabupaten Jayapura.

Kenaikan BBM pada Sabtu (2/9/2022) lalu, Polres Jayapura melakukan patroli dan pengamanan di SPBU di Sentani, Papua.

"Itu dilihat dari dinamika di masyarakat namun hingga saat ini situasi di Kabupaten Jayapura secara umum masih aman dan terkendali," ujarnya kepada Tribun-Papua.com di Sentani, Distrik Sentani, Senin (5/9/2022).

Lanjut Kapolres AKBP Fredrickus, antrian di SPBU telah berlangsung beberapa minggu terkahir sebelum pengumuman resmi kenaikan BBM.

"Karena memang tidak semua SPBU melayani subsidi,"katanya.

Baca juga: Duduki Kantor DPR Papua, Massa Pendemo Tolak Kenaikan Harga BBM

AKBP Frederickus mengemukakan bahwa belum adanya temuan hal yang berkaitan dengan penyalahgunaan BBM. Setelah sebelumnya lakukan penindakan terhadap beberapa SPBU.

"Setelah koordinasi dengan pihak Pertamina ada sanksi administrasi. Jika berlanjut hingga sanksi pidana hal itu ditindaklanjuti,"katanya.

Sementara itu melihat animo masyarakat yang membeli pada pengecer pihaknya juga melakukan pemantauan terkait dengan penggandaan kapasitas tangki yang berulang kali.

"Jika sistem yang dibangun saat ini dapat mengontrol pengecer yang nakal, artinya pengecer yang ada dilihat dari pendapatannya, namun akan kami lihat kembali agar distribusi BBM tepat sasaran,"jelasnya.

Baca juga: Duduki Kantor DPR Papua, Massa Pendemo Tolak Kenaikan Harga BBM

Menurutnya yang terpenting bagi masyarakat yaitu ketersedian stok BBM.

Adapun pihaknya juga memantau kenaikan harga dibeberapa komoditi baik di sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved