Tribun Militer

HUT ke-77 TNI AL, Lantamal XI Bakti Kesehatan bagi Masyarakat di KRI dan Rumkital Merauke

Tercatat sebanyak 150 anak-anak telah mendaftar dan mengikuti khitan baik diatas KRI KAL Mulga maupun didermaga Satrol Lantamal XI Merauke.

Tribun-Papua.com/ Ida
Suasana bakti kesehatan di Dermaga Satrol Lantamal XI Merauke, Papua, Selasa (6/9/2022). 

Baca juga: Harga BBM Naik, Sopir Pikap di Merauke Papua Menjerit

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI melaksanakan bakti kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (6/9/2022).

Bakti kesehatan meliputi khitan dan donor darah yang berlangsung diatas Kapal Perang Indonesia (KRI) KAL Mulga di Dermaga Satrol Lantamal XI Merauke sekaligus pembersihan plak dan karang gigi di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Merauke, Selasa (6/9/2022).

"Kegiatan bakti kesehatan ini dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke. Khusus di Merauke sudah terdaftar dan mengikuti donor darah sebanyak 200 personil tetapi terus bertambah," kata Komandan Lantamal XI Merauke Brigjen TNI Mar Gatot Mardiyono kepada wartawan disela-sela kegiatan meninjau bakti kesehatan di dermaga Satrol Lantamal XI.

Diakuinya, banyak aparatur Pemrintah Kabupaten Merauke dipimpin langsung Wakil Bupati Merauke H Riduwan bersama TNI dan Polri yang antusias secara sukarela menyumbangkan darahnya.

Baca juga: Sepuluh Bulan di Merauke, Satgas Yonif 123/Rajawali Pamit Masyarakat Perbatasan RI-PNG

Selain itu, tercatat sebanyak 150 anak-anak telah mendaftar dan mengikuti khitan baik diatas KRI KAL Mulga maupun didermaga Satrol Lantamal XI Merauke.

Selain itu, sambung Danlantamal XI, tercatat sebanyak 100 orang mengikuti pembersihan plak dan karang gigi di RS TNI AL Merauke

Selanjutnya, besok akan dilaksanakan kegiatan bersih pantai di Lampu Satu Merauke. Bahkan, rencananya digelar semeriah mungkin fun run 7,7 kilometer secara serentak seluruh Indonesia 11 September 2022.

"Kami seluruhnya dari Sabang sampai Merauke melaksanakan fun run. Jaraknya hanya 7,7 KM disesuaikan dengan ulang tahun ke-77 TNI AL. Nanti Start dari Kapsul Waktu-depan kantor bupati dan finish di Mako Lantamal XI," ungkap Brigjen TNI Mar Gatot Mardiyono.

Baca juga: Terapkan Aturan Baru, Ini Persyaratan bagi Penumpang di Bandara Mopah Merauke Papua

Dia menjelaskan, sudah terdaftar sampai hari ini sebanyak 400 personil yang akan memeriahkan fun run 7,7 km.

Selain itu, Lantamal XI juga akan menggelar Naval Base Open Day meliputi pameran, fashion show, lomba melukis SD, dan bazzar, hiburan dan Water Trappen atau pemecahan Rekor Muri Water Trappen terbanyak secara serentak di Seluruh Indonesia berlangsubg di Mako Lantamal XI pada 11 September.

"Tujuannya, membantu masyarakat dimana TNI Angkatan Laut berada karena kita semua diperintah oleh Kepala Staf Angkatan Laut dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar," lugas Danlantamal XI.

Menurutnya, kegiatan yang sama khusus khitan masal juga telah dilaksanakan oleh istri TNI AL di Merauke saat merayakan HUT Jalasenastri Merauke baru-baru ini.

"Sunatan/khitanan ini kita sudah laksanakan juga sebulan yang lalu pada saat HUT Jalasestri/istri-istri prajurit TNI AL," jelas Danlantamal XI.

"Kali ini lebih spesial karena dilaksanakan bersamaan dari Sabang sampai Merauke. Tidak lain tidak bukan untuk membantu masyarakat dimanapun TNI Angkatan Laut bertugas," tandas Brigjen TNI Mar Gatot Mardiyono.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Diminta Evaluasi Operasi Militer di Papua, Prajurit TNI Terlibat Mutilasi

Pantauan Tribun-Papua.com, hadir Danlanud Johanes Abraham Dimara Kolonel Pnb Feri Yunaldi, pejabat 755/Yalet Merauke, Ketua DPRD Kabupaten Merauke Benjamin IR Latumahina, Forkopimda, Kepala UTD Palang Merauke Indonesia (PMI) Merauke beserta jajaran dan masyarakat. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved