Kongres Masyarakat Adat

Ditargetkan 1500 Peserta KMAN Bakal Inap di Sejumlah Kampung di Kabupaten Jayapura

Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) di Wilayah adat Tabi, Kabupaten Jayapura, Papua pada 24-30 Oktober 2022 kini semakin dekat.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Ketua Umum Panitia KMAN VI, yang juga selaku Bupati Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Mathius Awoitauw mengatakan, sebanyak 1.500 tamu Kongres masyarakat adat yang bakal menginap pada sejumlah kampung di bumi kenambai-umbai, dan sisanya bakal inap di tempat-tempat penginapan. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) di Wilayah adat Tabi, Kabupaten Jayapura, Papua pada 24-30 Oktober 2022 kini semakin dekat.

Seluruh kesiapan menuju kongres masyarakat adat ini pun semakin matang, baik itu tempat tinggal, sarasehan, konsumsi dan lain sebagainya.

Ketua Umum Panitia KMAN VI, yang juga selaku Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, soal kesiapan hingga saat ini terus berjalan maksimal.

Baca juga: Pemkab Jayapura Gandeng Puluhan Media Sukseskan KMAN VI

"Untuk rumah-rumah penginapan, kita targetkan tamu sebanyak 1.500 orang yang akan menginap di rumah-rumah masyarakat di kampung," kata Bupati Mathius Awoitauw, di Sentani, Selasa (6/9/2022).

Sementara tamu yang lainnya, menurut Bupati Mathius Awoitauw, bakal alihkan di beberapa lainnya.

 

 

Sebelumnya, Ketua Panitia Lokal KMAN VI, Timotius Demetouw mengatakan berdasarkan hasil survei Bidang Koordinator dan Akomodasi, kondisi rumah warga di Distrik Sentani, Waibu, Sentani Timur, dan Ebungfauw ada sekitar 3.000 rumah, namun hanya 10 persen yang layak huni.

"Layak dalam arti ada toilet, penerangan, air bersih, ketika dilaporkan ke Bupati melihat jangka waktu perbaikan satu bulan lebih, sehingga tidak cukup," katanya.

Baca juga: ASBS Siap Dukung KMAN, Ini Respons Mathius Awoitauw

Demetouw menjelaskan alternative yang diusahakan oleh pihaknya yaitu para tamu KMAN VI akan tinggal di rumah warga yang di luar Danau Sentani atau pinggiran Danau.

"Kita pakai wisma atlet dan juga asrama yang dipakai oleh peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX penginapan, dan hotel. Jadi kami siapkan lagi data itu," ujarnya.

Panitia KMAN VI kini memfokuskan lokasi inap para tamu di luar Danau Sentani lantaran fasilitas jamban dan Mandi Cuci Kakus (MCK) sudah permanen, maka itu pihaknya bakal memastikan kembali. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved