Tribun Militer

Momentum HUT ke-77 TNI AL, Lantamal XI Merauke Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai

Gerakan nasional laut bersih demi membangun kejayaan maritim untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dan laut bersih, rakyat sejahtera.

Tribun-Papua.com/ Ida
Antusias warga bersama Lantamal XI Merauke dan stakeholder membersihkan pantai Lampu Satu Merauke, Papua, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI bersama stakeholder melaksanakan pembersihan sampah di pantai Lampu Satu Merauke, Papua, Rabu (7/9/2022).

Dipimpin Komandan Lantamal XI Merauke Brigjen TNI Mar Gatot Mardiyono, Wakil Komandan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto dan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XI Merauke Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba.

Gerakan nasional laut bersih demi membangun kejayaan maritim untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dan laut bersih, rakyat sejahtera ini dilaksanakan serentak dari Sabang sampai Merauke.

"Kegiatan bersih-bersih pantai ini agak spesial karena dilaksanakan serentak dari Sabang sampai Merauke. Nanti jumlah sampahnya akan kita laporkan ke pusat," tutur Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI Mar Gatot Mardiyono kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Baca juga: HUT ke-77 TNI AL, Lantamal XI Bakti Kesehatan bagi Masyarakat di KRI dan Rumkital Merauke

Dikatakan, sebanyak 200 personel baik Lantamal XI, Korem 174/ATW, Lanud JA Dimara, Pemkab Merauke melalui Dinas Lingkungan Hidup Merauke, KKP, Pramuka,  masyarakat setempat bersama tokoh dan nelayan antusias membersihkan sepanjang bibir pantai lampu satu.

Pantai tersebut merupakan kawasan binaan Lantamal XI Merauke yang disebut Kampung Bahari Nusantara (KBN). Bahkan, tampak prajurit Lantamal XI Merauke melakukan pengecatan atau pemugaran stand jualan masyarakat di pantai lampu satu.

"Intinya adalah TNI Angkatan Laut dimanapun berada bermanfaat bagi lingkungan," ungkapnya.

"Warga sekitar termasuk tokoh masyarakat kita libatkan karena ini juga halaman rumah mereka untuk mereka berolahraga, berjualan. Jadi, ini sangat bermanfaat buat lingkungan sekitar," sambung Danlantamal XI.

Baca juga: Hari Mangrove se-Dunia, TNI AL Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Kawasan Pantai Ciberry Jayapura

Brigjen TNI Mar Gatot Mardiyono berencana melakukan rapat dengan Pemda dan stakeholder untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. 

"Saya juga akan minta kepada Pemda untuk menyiapkan tempat sampah yang cukup banyak sehingga mereka mungkin sebetulnya ingin membuang sampah cuma karena tempat sampahnya terbatas sehingga jadi sembarangan," jelas Danlantamal.

Baca juga: Antoneta Okoka, Putri Nelayan Papua Siswa Terbaik Prajurit TNI AL, Sempat Tak Direstui Jadi Tentara

Jenderal bintang satu ini menambahkan, upaya yang dilakukan secara bersama-sama itu tentunya akan disampaikan kepada Bupati Merauke.

"Bukan hanya penyuluhan, namun tindakan juga kami lakukan. Agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, perlu ada punishment sesuai kearifan lokal," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved