Bupati Mimika Ditangkap KPK

PROFIL Eltinus Omaleng, Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan Gereja Kingmi Mile 32

Terduga kasus korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Eltinus Omaleng ditangkap KPK di Jayapura, Rabu (7/9/2022)

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Terduga kasus korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Eltinus Omaleng ditangkap KPK di Jayapura, Rabu (7/9/2022).

Proses penangkapan Bupati Mimika tersebut terjadi di sebuah hotel berbintang di kawasan Ruko Pasifik Permai Dok II, Kota Jayapura.

Hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura.

Baca juga: BREAKING NEWS Bupati Mimika Eltinus Omaleng Ditangkap KPK di Jayapura

Sebelumnya, Eltinus Omaleng sempat melayangkan gugatan praperadilan, namun, gugatannya tersebut ditolak oleh hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Wahyu Iman Santosa menolak permohonan Praperadilan yang telah diajukan oleh Bupati Mimika tersebut pada saat membacakan amar putusan di ruang 5 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

 

Dalam kasus ini, hakim menyebut bahwa proses hukum yang telah dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Berdasarkan putusan dari hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, prosedur hukum dalam kasus korupsi Eltinus Omaleng tersebut sudah merujuk pada minimal dua alat bukti sebagaimana ketentuan Pasal 184 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

 

Profil Singkat Eltinus Omaleng

Dikutip dari wikipedia, Eltinus Omaleng lahir pada 15 Oktober 1972 adalah Bupati Mimika sejak 2014.

Ia menjadi Bupati Mimika ke-3 menggantikan Abdul Muis.

Sebelum menjadi bupati, Omaleng adalah seorang pengusaha yang memiliki perusahaan penyalur tenaga kerja ke PT Freeport Indonesia (PTFI).

Baca juga: LARM-GAK Minta KPK Segera Tahan Tersangka Korupsi Gereja Kingmi Mile 32

Pada Pilbup Mimika 2018, ia mencalonkan diri berpasangan dengan Johanes Rettob melalui jalur partai politik dan dinyatakan terpilih sebagai Bupati Mimika periode 2019-2024.

Eltinus menikah dengan Kalina Omaleng. Istrinya pernah mengalami pemukulan di dahi oleh oknum tidak dikenal pada saat aksi unjuk rasa di halaman Kantor DPRD Mimika pada 15 Januari 2018.

Kejadian tersebut dialaminya setelah mengaku sebagai istri Bupati Mimika yang sedang menjabat. Peristiwa tersebut kemudian diadukan kepada Polisi Resor Mimika. (*)

Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved