Nasional

Geser Mahfud MD, Presiden Jokowi Tunjuk Politisi PDIP Jadi Menpan RB, Ini Sosoknya

Adalah Azwar Anas, sosok Menpan RB yang baru dilantik Presiden Jokowi. Politisi PDIP itu jadi Menpan RB, geser Mahfud MD.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
DILANTIK - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (7/9/2022).(Kompas.com/ Dian Erika) 

TRIBUN-PAPUA.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akhirnya memiliki pejabat menteri definitif.

Presiden Jokowi tunjuk politisi PDIP jadi Menpan RB, geser Mahfud MD.

Adalah Azwar Anas, sosok Menpan RB yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di di Istana Negara, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Saingi Sandiaga Uno, Sosok Ini Didukung Ribuan Ulama Jadi Presiden RI, Kader PDIP

Azwar masuk Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.”

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," demikian kata Azwar mengucapkan bunyi sumpah jabatan.

Pelantikan tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat terkait, yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja.

Selain itu, hadir Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca juga: Geser Tito Karnavian, Jokowi Tunjuk Eks Hakim Konstitusi Jadi Menpan RB, Ini Sosoknya

Adapun Abdullah Azwar Anas dikenal luas oleh publik sebagai Bupati Banyuwangi yang menjabat sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Sejak 13 Januari 2022, ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami)
Eks Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang kini ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menpan RB (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami) (Tribun-Papua.com/Tribun Network)
Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved