Pemekaran Papua

Tim Transisi Peresmian DOB Provinsi Papua Selatan Tangani 4 Isu Besar, Apa Saja?

Isu pertama tentang hibah. Isu kedua tentang aset. Isu ketiga tentang struktur dan isu keempat tentang Aparatur Sipil Negaranya (ASN).

Penulis: Hidayatillah | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Ketua Tim Transisi Pokja I DOB Provinsi Papua Selatan dari Dirjen Polpum Kemendagri, Sri Handoko Taruna menyaksikan penandatanganan penyerahan dana hibah oleh Pemprov Papua bersama 4 Pemkab yakni Merauke, Asmat, Boven Digoel dan Mappi di Merauke, Rabu (7/9/2022). Tampak Asisten II Sekda Provinsi Papua, Muhammad Musa'ad mewakili Pemprov menandatangani penyerahan hibah senilai Rp 10 milyar kepada Pemerintah Provinsi Papua Selatan usai diresmikan nantinya. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Tim Transisi (persiapan) peresmian Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan (PPS) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menangani empat isu besar selama berada di Kabupaten Merauke.

Pantauan Tribun-Papua.com, satuan tugas (Satgas) DOB bentukan Kemendagri itu telah bekerja di Merauke sejak Senin (5/9/2022).

Rencananya akan bekerja hingga terlaksana peresmian 3 DOB di Papua.

Baca juga: Tim Transisi DOB dari Kemendagri Dorong Provinsi Papua Selatan Ikut Pemilu 2024

"Kami melihat ada 4 isu besar yang harus ditangani," kata Ketua Tim Transisi Pokja I DOB Provinsi Papua Selatan dari Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Sri Handoko Taruna kepada sejumlah wartawan termasuk Tribun-Papua.com di Merauke, Kamis (8/9/2022).

Dia merincikan, isu pertama tentang hibah. Isu kedua tentang aset. Isu ketiga tentang struktur dan isu keempat tentang Aparatur Sipil Negaranya (ASN).

 

 

"Empat isu ini sudah hampir keseluruhan kita bahas," bebernya.

"Kemarin juga hadir perwakilan dari Pemerintah Provinsi Papua bersama perwakilan dari 4 Pemerintah Kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Papua Selatan," ungkap Sri Handoko.

Sri Handoko Taruna menambahkan, kehadiran tim transisi peresmian DOB Provinsi Papua Selatan di Bumi Anim Ha untuk menyukseskan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022 tentang pembentukan DOB Provinsi Papua Selatan yang telah disahkan 30 Juli 2022 lalu. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved