Pemkab Jayapura

Wabup Giri Wijayantoro: Ayo! Berantas Buta Aksara di Kabupaten Jayapura

Perlu ada kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta para penggiat peduli buta aksara.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Suasana para siswa Paud dan TK merayakan hari aksara di halaman kantor Bupati Jayapura, Wakil Bupati Jayapura, Provinsi Papua, Giri Wijayantoro mengatakan untuk memberantas aksara perlu keterlibatan semua pihak. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Momen ke 57 Hari Aksara Internasional, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro ajak semua pihak bergandengan tangan berantas buta aksara di Bumi Kenambai-Umbai.

Giri mengatakan, dengan memperingati hari aksara internasional dapat mengingatkan mereka agar lebih meningkatkan literasi dan melek huruf bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Hari Aksara Internasional, Pemkab Jayapura Minta Perhatian Guru dan Ortu dalam Tumbuh Kembang Anak

"Sesuai data yang diperoleh pada tahun 2021 lalu Kabupaten Jayapura memiliki jumlah buta aksara mencapai 4538 orang, dan yang telah digarap serta mendapatkan surat keterangan melek aksara (Sukma) baru mencapai 512 orang, berarti yang belum memiliki sertifikat Sukma masih ada sekitar 3946 orang," kata Giri, Kamis (8/9/2022).

 

 

Guna mencapai ketuntasan buta aksara di Kabupaten Jayapura, kata Giri, perlu ada kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta para penggiat peduli buta aksara.

"Hal ini perlu kita perkuat komitmen bersama, untuk menuntaskan buta aksara ini di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dengan berbagai pendidikan yang lebih adaptif sesuai perubahan-perubahan zaman saat ini," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved