Pemekaran Papua

AKHIRNYA Kemendagri Tetapkan Kantor Sekda Papua Selatan, Cek Lokasinya di Sini

Lokasi kantor sekretariat daerah (Sekda) Papua Selatan beralamat di Jalan Trikora, Kota Merauke, tepatnya di Hotel Asmat.

Tribun-Papua.com/ Ida
Kondisi terkini Hotel Asmat salah satu hotel tertua di Kabupaten Merauke telah dilakukan pemugaran menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua akan menjadi kantor 22 OPD Pemerintah Provinsi Papua Selatan. 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Dengan telah ditetapkan menjadi daerah otonomi baru (DOB) di Indonesia, akhirnya Kemendagri tetapkan Kantor Sekda Papua Selatan di Kabupaten Merauke.

Lokasi kantor sekretariat daerah (Sekda) Papua Selatan beralamat di Jalan Trikora, Kota Merauke, tepatnya di Hotel Asmat.

Bahkan di gedung hotel tertua di Merauke itu telah dipasang plang Kantor Sekda Papua Selatan.

Kata Ketua Tim Transisi Pokja I Provinsi Papua Selatan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Sri Handoko Taruna, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan Papua Selatan menjadi provinsi baru di Indonesia.

Baca juga: Tim Transisi Peresmian DOB Provinsi Papua Selatan Tangani 4 Isu Besar, Apa Saja?

Baca juga: Tim Transisi DOB dari Kemendagri Dorong Provinsi Papua Selatan Ikut Pemilu 2024

Dengan demikian, Hotel Asmat tersebut resmi pula digunakan menjadi kantor pemerintahan Papua Selatan yang berisikan 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Gedung yang disiapkan atau direncanakan sudah terpampang plang itu di Hotel Asmat. Di situ kami menghitung, ada 26 ruangan bisa kita optimalkan menjadikan 22 OPD sementara atau transisi," kata Sri Handoko Taruna kepada Tribun-Papua.com di Merauke, Sabtu (10/9/2022).

Dia menjelaskan, sesuai dengan pembahasan tim transisi bersama semua pihak selama di Merauke bahwa Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan kabupaten/kota akan mencoba menggunakan pola minimal.

"Dalam artian, apa-apa yang menjadi fungsi pelayanan dasar itu akan langsung bisa kita gunakan," tutur Handoko.

Baca juga: SAH! Plang Kantor Gubernur Provinsi Papua Selatan dan Setda Telah Dipasang di Merauke

Baca juga: Tim Transisi DOB PPS dari Kemendagri Apresiasi Tim Pemekaran Provinsi Papua Selatan

Secara umum, sambungnya, ada sekitar 22 OPD Pemerintah Provinsi Papua Selatan namun proses untuk pengisian OPD bisa terjadi sesuai kemampuan atau tahapan.

"Yang bisa kita lakukan intinya pola Pemerintah Provinsi Papua Selatan untuk DOB ini disiapkan secara minimalis, tetapi tidak mengurangi kinerja pemerintahan," tandas Handoko.

Pantauan Tribun-Papua.com, Hotel Asmat yang merupakan salah satu hotel tertua di Merauke milik Pemerintah Provinsi Papua yang telah dilakukan pemugaran kala menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2021 lalu.

Lokasi hotel Asmat yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Merauke berhadapan langsung dengan gedung negara yang telah dipasang plang Kantor Gubernur Provinsi Papua Selatan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved