Pemkot Jayapura

Pemkot Jayapura Genjot UMKM Pengolahan Ikan Asar di Jayapura agar Miliki Sertifikat Kelayakan 

Dengan memiliki sertifikat kelayakan pengolahan, tentu sangat penting bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas hasil pengolahan UMKM.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Kepala Dinas Pertanian Papua, Semuel Siriwa beberkan, Dinas Pertanian (Distan) Papua mendorong penuh kepemilikan sertifikat, bagi industri pengolahan Ikan Asar skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di ibu kota Provinsi Papua itu. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perikanan Kota Jayapura mendorong penuh kepemilikan sertifikat, bagi industri pengolahan Ikan Asar skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di ibu kota Provinsi Papua itu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi secara terpisah saat diwawancarai mengenai kegiatan tersebut di Kota Jayapura, Minggu (11/9/2022).

"Iya memang beberapa waktu lalu, kita melakukan peninjauan, dan kami katakan bahwa sertifikat kelayakan pengolahan penting untuk dimiliki bagi mereka pengusaha Ikan Asar, " bebernya.

Baca juga: Nelayan Kota Jayapura Harapkan Bantuan dari Dinas Perikanan

Lelaki asal Kampung Kayo Pulau tersebut menuturkan, dengan memiliki sertifikat kelayakan pengolahan, tentu sangat penting bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas hasil pengolahan UMKM.

"Di luar dari pada itu, kami terus akan membenahi dengan kelayakan pangan dan izin penjualan, di mana nantinya akan diupayakan harus dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu Kota Jayapura, " pintanya.

Matheys menyebutkan, selama ini dari total sebanyak 72 Unit Pengolahan Ikan (UPI) hasil binaan pihaknya, baru 10 UPI yang mempunyai sarana prasarana mendukung.

"Nah untuk itu ini kita perlu dorong, dan melakukan pembenahan-pembenahan, karena baru 1 UPI saja yang sudah sesuai dengan standar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, " tandasnya.

Baca juga: Nilai Minimalkan Risiko Kecelakaan Nelayan, Pemkot Jayapura Apresiasi BBMKG Jayapura

Pihaknya dikatakan Matheys, berkomitmen penuh untuk memberikan stimulan bagi para pelaku usaha perikanan di Kota Jayapura, termasuk industri pengolahan Ikan Asar, agar mampu berdaya saing.

Sekadar diketahui, dalam merehabilitasi 72 UPI tersebut, Dinas Perikanan Kota Jayapura memiliki anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 162 juta. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved