Gempa Bumi di Papua

Respons Cepat Musibah Gempa Bumi, Kemensos RI Kirim Logistik ke Mamberamo Tengah Papua

Bantuan tersebut dilaporkan sudah diterima oleh masyarakat Kobakma, sebuah distrik yang berada di dataran tinggi Kabupaten Mamberamo Tengah

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Humas Kemensos RI
DISTRIBUSI BANTUAN - Sejumlah bantuan dari Kemensos RI yang telah tiba di Kabupaten Mamberamo Tengah, dan siap didistribusikan bagi masyarakat terdampak gempa, pada Sabtu (10/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam merespons musibah gempa bumi, Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengirimkan sejumlah bantuan logistik menuju Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

Berdasarkan rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Senin (12/9/2022), diketahui Kemensos RI menyiapkan bantuan dan menjalin koordinasi dengan pihak terkait di Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

Baca juga: NABIRE Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4,4: Tidak Berpotensi Tsunami

Hal ini sesuai arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, agar cepat merespons dan membantu masyarakat terdampak musibah gempa bumi.

Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam bersama Balai Penelitian dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura, langsung berkoordinasi dengan beberapa tokoh.

Di antaranya tokoh agama Pendeta Lipus Biniluk, Polres, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pemda setempat untuk pengiriman bantuan logistik dalam waktu secepat mungkin.

"Bantuan telah dikirim pada Sabtu, 10 September lalu pukul 15.00 WIT, bantuan logistik telah dikirimkan oleh tim BBPPKS Jayapura, melalui jalur udara menggunakan pesawat Caravan SAM Air, " kata Kepala BBPPKS Jayapura, Malik, yang dikutip Tribun-Papua.com, Senin (12/9/2022).

Malik mengatakan, bantuan yang didistribusikan berupa makanan siap saji sebanyak 1.480 paket dan makanan anak 320 paket.

Baca juga: Gempa Bumi Berkekuatan 4,0 Magnitudo Guncang Jayapura Papua, BBMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

"Logistik yang diangkut sesuai kapasitas angkut maksimal pesawat, " katanya.

Dari koordinasi yang dilakukan, situasi Mamberamo Tengah aman dan terkendali pasca gempa bumi berkekuatan 5,9 SR pukul 06.31 WIB, beberapa waktu lalu, dan masyarakat kembali beraktivitas normal seperti biasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved