Mutilasi di Mimika

Akhirnya Polisi Umumkan Hasil Tes DNA Empat Korban Mutilasi di Timika

Hasil identifikasi tim forensik dan laboratorium Pus Dokkes Polri di Jakarta membuahkan hasil. Jenazah keempat korban terindentifikasi

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
HASIL TES DNA - Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol Dr. Nariyana didampingi Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra saat menyampaikan hasil DNA, Selasa (13/9/2022) di RSUD Mimika. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA- Hasil tes DNA terhadap empat warga Nduga yang menjadi korban mutilasi masing-masing bernama Arnold Lokbere, Leman Nirigi, Irian Nirigi, dan Atis Tini akhirnya diumumkan Polres Mimika kepada pihak keluarga korban.

Pengumuman hasil tes DNA dilakukan di ruang jenazah RSUD Mimika, Selasa (13/9/2022) yang dihadiri petugas medis dalam hal ini tim forensik Polda Papua dan keluarga korban.

Baca juga: Kasus Mutilasi di Mimika Direncanakan Para Pelaku 2 Hari sebelum Kejadian di Sebuah Kebun

"Kami menyampaikan hasil identifikasi tim forensik dan laboratorium Pus Dokkes Polri di Jakarta telah membuahkan hasil. Hasilnya adalah jenazah keempat korban terindentifikasi," ungkap Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol Dr Nariyana kepada Tribun-Papua.com, Selasa (13/9/2022) di Timika.

Ia menyebut hasil tes DNA empat korban mutilasi telah rampung walaupun melalui proses cukup panjang, dan atas permintaan keluarga telah diumumkan.

"Kita bersyukur keempat korban mutilasi berhasil diidentifikasi bekat hasil kerja sama baik pihak keluarga, Polres Mimika, RSUD Mimika. Hasil DNA ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," katanya.

Sementara Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengatakan sesuai penyampaian beberapa lalu bahwa upaya mempercepat proses penyelidikan dipercepat.

"Itu tugas kami menyelesaikan kasus ini secara terbuka dan transparan dihadapan umum agar diketahui publik," ucapnya.

Proses pemerikasaan DNA sebelumnya direncanakan memakan waktu dua sampai tiga minggu namaun ini dilakukan lebih cepat dengan meminta pihak Mabes Polri agar proses ini menjadi proioritas.

Baca juga: Peran 6 Oknum TNI dalam Kasus Mutilasi di Mimika Terungkap, Ini Penjelasan Pangdam Cenderawasih

"Kasus ini memang tidak main-main dan betul menjadi atensi. Oleh karena itu segera diselesaikan," kata Kapolres.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved