Pemkab Jayapura

Sambut KMAN ke-VI, Pemkab Jayapura Bakal Sediakan Kapal Khusus Untuk Presiden Jokowi

Kesiapan-kesiapan itu seperti rumah inap untuk peserta kongres masyarakat adat, tempat sarasehan serta alat transportasi danau untuk Presiden Joko Wid

Tribun-Papua
ILUSTRASI - Potret Km Emfote yang tengah bersandar di Dermaga Kalkhote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Papua, Minggu (26/6/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Berbagai persiapan menjelang pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua.

Kesiapan-kesiapan itu seperti rumah inap untuk peserta kongres masyarakat adat, tempat sarasehan serta alat transportasi danau untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah disiapkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Alfons Awoitauw kepada awak media di Sentani, Selasa (13/9/2022).

"Jangankan RI 1, Presiden Amerika Serikat datang pun kami sudah sediakan kapal khusus, jadi tidak ada soal di bagian ini," kata Alfons.

Baca juga: KMAN di Jayapura, DPRD Jayapura Siap Beri Dukungan Anggaran: Usul APBD Perubahan

Lanjut dia, untuk secara teknis, pihaknya bakal, menyesuaikan dengan jadwal kunjungan Presiden Jokowi nantinya.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Lokal KMAN VI, Septer Manufandu mengatakan, Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka Kongres Masyarakat Adat (KMAN) VI di Kabupaten Jayapura, Papua, pada 24 Oktober 2022 mendatang.

Dalam kehadirannya, Jokowi akan disambut dengan tarian adat tradisional oleh masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

"Rencananya, Presiden Jokowi akan hadir saat pembukaan Kongres Masyarakat Adat pada 24 Oktober 2022 nanti, maka itu kita sedang koordinasikan dengan protokolernya soal prosesi penjemputan," jelasnya.

Baca juga: Penyelenggaraan KMAN di Jayapura, Awak Media Difasilitasi 3 Unit Kapal

Menurut Septer, masyarakat adat di Kabupaten Jayapura sendiri sudah sangat siap menyambut kehadiran Presiden Jokowi.

Adapun Kongres Masyarakat Adat Nusantara kali ini mengusung tema "Bersatu pulihkan kedaulatan masyarakat adat untuk menjaga identitas kebangsaan Indonesia yang beragam dan tangguh menghadapi krisis.

Nantinya, KMAN VI akan disemarakkan dengan berbagai side event atau iven sampingan seperti, Festival Danau Sentani (FDS) dan iven 9 tahun kebangkitan masyarakat adat Kabupaten Jayapura.  

Baca juga: Sambut KMAN VI, Warga Kampung Yokiwa Gotong Royong Renovasi Rumah Adat dan Jembatan

Hajatan masyarakat adat terbesar ini bakal dihadiri oleh ribuan komunitas adat dari seluruh nusantara. Mereka akan membahas tentang hak-hak masyarakat adat di Indonesia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved