Pemilu 2024

Geser PDIP, Jokowi Bakal Digaet Jadi Wakil Presiden Dampingi Menantu Soeharto: Intrik Politik Bocor?

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, terbuka kemungkinan menantu Soeharto itu didampingi oleh Jokowi sebagai calon wapres.

Tribun-Papua.com/Tribun Network
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipastikan maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Otomatis, Partai Gerindra nantinya menggeser PDI Perjuangan sebagai partai penguasa saat ini.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, terbuka kemungkinan menantu Soeharto itu didampingi oleh Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presiden.

Sebelumnya, PDI Perjuangan sempat menyebutkan Jokowi bisa menjadi wakil presiden asalkan maju sebagai cawapres di Pemilu 2024.

"Ya kalau kemungkinan, ya ada saja," ujar Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).

Meski demikian, Habiburokhman menegaskan, sosok cawapres yang akan diusung Gerindra merupakan kewenangan Prabowo selaku ketua umum partai.

Baca juga: Lengserkan Jokowi, Menantu Soeharto Didoakan Jadi Presiden: Ridwan Kamil Bilang Begini

"Kewenangannya ada di Pak Prabowo kalau Partai Gerindra," ucap Habiburokhman.

Habiburokhman menjelaskan, Jokowi yang sudah dua periode menjadi Presiden masih bisa berkontestasi di pemilu sebagai cawapres. Menurutnya, secara konstitusi, hal tersebut dibolehkan.

"Secara konstitusi kan dipertegas oleh MK (Mahkamah Konstitusi). Tanpa putusan MK kan juga sudah jelas, bisa," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan, Joko Widodo (Jokowi) sangat mungkin menjadi wakil presiden (wapres) pada periode 2024-2029.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved