Kongres Masyarakat Adat

KPK Kayo Pulau Pastikan Pelayanan Kesehatan Terjangkau saat KMAN

Tommy Sibi memastikan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI (KMAN) fasilitas kesehatan dapat dijangkau oleh peserta selama 24 jam.

Istimewa
Kepala Pemerintah Kampung (KPK) Kayo Pulo, Tommy Sibi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjanah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Kepala Pemerintah Kampung (KPK) Kayo Pulo, Tommy Sibi memastikan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI (KMAN) fasilitas kesehatan dapat dijangkau oleh peserta selama 24 jam.

Diketahui, masyarakat Hukum Adat Kampung Tahima Soroma-Kayo Pulau, Kota Jayapura, Papua menyambut baik untuk menyambut tamu KMAN VI pada Oktober mendatang.

Tommy menjelaskan di Pustu Kampung Kayo Pulo ada pelayanan namun hanya dua kali dalam sebulan.

Baca juga: Rekayasa Lalulintas Bakal Dilakukan Saat Pembukaan KMAN di Sentani Papua

"Petugas kesehatan ini sangat penting jadi nanti diarahkan untuk tetap stand by melayani tamu-tamu masyarakat adat apabila mereka sakit," kata Tommy melalui rilis Tribun-Papua.com, Kamis (15/9/2022).

Lanjut Tommy pihaknya bakal lakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Puskesmas Hamadi, dan dibantu oleh Kader Kesehatan yang berads di kampung.

 

 

Pelayanan kesehatan di Kampung Kayo Pulo setiap di bulan per tanggal 17 khusus untuk pelayanan kesehatan anak bayi dan balita. Sedangkan di tanggal 27 pelayanan kesehatan lansia, Polinde, dan umum.

Namun, mengingat kampungnya sebagai rumah inap dan sarasehan maka pelayanan kesehatan di tingkat kampung menjadi bagian penting yang diperhatikan pemerintah kampung.

Menurutnya dengan dibukanya pelayanan selama 24 jam dapat didukung dengan fasilitas yang layak.

Kedepannya pihaknya bakal terus melakukan koordinasi dengan panitia lokal agar fasilitas yang kurang dapat dilengkapi. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved