Kongres Masyarakat Adat

Kampung Sereh Alokasikan Dana Kampung Sukseskan Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Jayapura

Kampung Sereh merupakan satu di antara lokasi sarasehan KMAN yang akan diikuti oleh 300 peserta kongres selama dua hari. 

Tribun-Papua.com/Istimewa
Suasana di Kantor Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura yang jadi salah satu lokasi sarasehan dan rumah inap peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI. 

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Pemerintah Kampung Sereh di Kabupaten Jayapura rela gunakan dana kampung untuk menyukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KAMAN) VI, pada 24 hingga 30 Oktober mendatang.

Hal itu disampikan Kepala Pemerintah Kampung (KPK) Sereh, Steven Eluay melalui siaran pers diterima Tribun-Papua.com, Jumat (16/9/2022).

“Kami akan mengucurkan dana kampung agar fasilitas seperti air bersih dapat mengalir ke rumah warga yang bakal dijadikan tempat nginap peserta serasehan," ujarnya.

Baca juga: Kelompok Tani Otauw Mokho di Kampung Sereh Jayapura Garap Lahan dan Tanam Sayur untuk KMAN

Kampung Sereh merupakan satu di antara lokasi sarasehan KMAN yang akan diikuti oleh 300 peserta kongres selama dua hari. 

Steven menjelaskan, dana kampung yang dialokasikan digunakan untuk menyokong sejumlah kelompok tani yang menanam sayur dan ikan air tawar untuk konsumsi peserta serasehan.

Selain itu pihakya juga mendanai sanggar seni dalam acara penyambutan para tamu.

"Kami juga mempersiapkan tempat serasehan di Obhe (rumah adat) Ondoafi Sereh, jadi bukan hanya melihat kesiapan mereka, tetapi kami juga memberikan penguatan lewat dana kampung agar kelompok-kelompok ini bisa berjalan,” ujarnya.

Pemerintah Kampung Sereh juga telah mendata rumah warga, serta fasilitas penunjang bagi peserta sarasehan yang akan menginap.

“Data-data rumah warga sudah kami kumpulkan dan kami sudah sampaikan kepada Panitia di Kabupaten Jayapura. Sekarang tinggal panitia untuk melengkapi fasilitas yang kurang," jelasnya.

Dengan adanya dukungan yang diberikan, pemerintah Kampung Sereh berharap pelaksanaan KMAN VI dan sarasehan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: 14 Kampung di Kota Jayapura Diminta Terlibat Aktif Sukseskan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI

Sementara itu, Ondofolo Kampung Sereh, Helle Wabhouw Yanto Eluay menyambut baik pelaksanaan KMAN VI di tempatnya. 

Yanto mengatakan, Kampung Sereh akan menjadi wajah mewakili seluruh masyarakat adat di seluruh Tanah Papua.

“Sebagai kampung dengan masyarakat yang heterogen, saya minta semua terlibat," ujarnya. (*)  

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved