Kemenkumham Papua

Kanwil Kemekumham Papua Dorong Biak Numfor Mantapkan Konsepsi Ranperda Demi Kesejahteran

Kanwil Kemenkumham Papua juga mendorong penggunaan digitalisasi, untuk menggerakan semua sektor yang perlu dikembangkan.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Kanwil Kemenkumham Papua mendukung DPRD Kabupaten Biak Numfor dalam pemantapan konsepsi Ranperda demi mewujudkan daerah ini mandiri dan berdaya saing. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kanwil Kemenkumham Papua mendukung DPRD Kabupaten Biak Numfor dalam pemantapan konsepsi Ranperda demi mewujudkan daerah ini mandiri dan berdaya saing.

Ini sebagai wujud sinergitas antara pemerintah dan legislator dalam pengharmonisasisan Ranperda yang telah didorong.

Kepala Kanwil  Kanwil Kemenkumham Papua, Anthonius Ayorbaba, mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah dan DPRD Biak Numfor dalam hal pembangunan dan pengembangan potensi di daerah tersebut.

Baca juga: Kemenkumham Papua Bakal Berikan 1.000 Sertifikat HAKI bagi Masyarakat

"Biak Numfor memiliki potensi yang luar biasa, Kami akan terus membantu untuk mengawal, dan pemerintah daerah harus terus mencari refrensi berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan daerah melalui sektor lain yang menjadi potensi Kabupaten Biak," ujarnya.

"Tim kami dari Perancang Peraturan Perundang-Undangan akan mengawal dari Ranperda dari 9 yang diberikan dan 3 akan jadi," sambungnya.

Selain itu, Kanwil Kemenkumham Papua juga mendorong penggunaan digitalisasi, untuk menggerakan semua sektor yang perlu dikembangkan.

Sebab, digitalisasi dinilai mampu menembus pasar global.

"Tentu semua prospek yang ada di Kabupaten Biak harus dipublikasi keluar melalui digitalisasi dan mengajak dan mendorong anak-anak milenial yang sangat memahaminya," katanya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Papua hadir Virtual Semarak Peringatan Ke-77 Hari Dharma Karya Dhika

Selain mengelola APBD, kata Ayorbaba, pemerintah setempat dianjurkan mengelola potensi lainnya yang berkaitan dengan kekayaan intelektual.

Misalnya, produk unggulan seperti kelapa dengan kualitas terbaik yang hanya ada di Biak Numfor.

"Ada juga daun minyak kayu putih dan banyak lagi daun yang memiliki khasiat yang luar biasa. Kami dorong agar dibuatkan sebuah regulasi berkaitan Kampung Wisata," pesannya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved