Kongres Masyarakat Adat

Kelompok Tani Otauw Mokho di Kampung Sereh Jayapura Garap Lahan dan Tanam Sayur untuk KMAN

Suksesi KMAN VI tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Kampung Sereh yang telah mengalokasikan dana untuk penyediaan bibit dan peralatan tani.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
BERTANI - Ketua Kelompok Tani Otauw Mokho, Yosfina Ondikleuw dari Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (16/9/2022). Mereka menanam sayuran untuk pasokan menu bagi tamu Kongres Masyarakat Adat Nuasantara VI. 

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Kelompok Tani Otauw Mokho Kampung Sereh di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, menggarap satu hektar lahan untuk menanam sayur.

Ketua Kelompok Tani Otauw Mokho, Yosfina Ondikleuw, mengatakan lahan sayur yang digarap di awal September sebagai bahan pasokan untuk menu tamu pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI.

Lahan itu akan ditanami tiga jenis sayuran jangka pendek seperti Bayam, Kangkung dan Sawi sehingga dapat dipanen menjelang pelaksanaan sarasehan KMAN pada 25-26 Oktober 2022.

Baca juga: 14 Kampung di Kota Jayapura Diminta Terlibat Aktif Sukseskan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI

"Kami ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok  berinisiatif untuk memberikan sayuran segar," ujarn Yosfina kepada Tribun-Papua.com di Kampung Sereh, Rabu (16/9/2022).

Selain itu, anggota Kelompok Tani Otauw Mokho yang berjumlah 20 orang juga memiliki lahan yang dikelola di tiap pekarangan rumah.

"Kami juga membagikan bibit sayuran ke setiap anggota agar lahan di pekarangan rumah mereka bisa dimanfaatkan untuk menambah sayuran jika masih dibutuhkan," jelasnya.

Dikatakan, suksesnya KMAN VI itu tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Kampung Sereh yang telah mengalokasikan dana untuk penyediaan bibit dan peralatan bertani.

Baca juga: Kampung Tahima Soroma-Kayo Pulau Jadi Lokasi Sarasehan KMAN VI, Masyarakat Sambut Baik

“Bapak Kepala Kampung sudah membantu dana untuk penyediaan bibit dan peralatan bertani,” katanya.

Yosfina mewakili kelompoknya berharap peserta kongres dapat menikmati sayuran dari hasil kebun dan merasa nyaman datang ke Papua. (*)  

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved