Gubernur Lukas Enembe Diperiksa KPK

Lukas Enembe Tersangka Gratifikasi, KNPI Bereaksi: Ada Oknum di KPK Mendiskreditkan Gubernur Papua

Selain penetapan tersangka, KNPI juga menilai KPK melakukan penggiringan opini liar yang mengorbankan nama baik Lukas Enembe.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Ketua KNPI Provinsi Papua, Benyamin Gurik, menduga kuat ada oknum di internal KPK bermain dengan kelompok tertentu di Jakarta untuk menggulingkan Gubernur Papua Lukas Enembe. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar berhenti mengkriminalisasi Gubernur Lukas Enembe.

Ketua KNPI Provinsi Papua, Benyamin Gurik, menduga kuat ada oknum di internal KPK bermain dengan kelompok tertentu di Jakarta.

"Mereka (KPK) sedang bermain dengan kelompok tertentu di pusat, hanya untuk merusak citra Lukas Enembe," ujar Benyamin Gurik kepada Tribun-Papua.com, di Kota Jayapura, Sabtu (16/9/2022).

Baca juga: Tokoh Agama di Papua Imbau Jemaat Tidak Ikut Demo Bela Lukas Enembe

Bahkan KPK, kata Benyamin, mengkriminalisasi dengan tudingan yang tidak berdasar dan mengada-ada.

"Dugaan kuat yang terlihat dari adanya opini miring yang dimainkan oleh KPK. Mulai dari kepemilikan jet pribadi, aliran dana ke kasino dan berbagai kasus lainnya yang tidak berdasar. Ini hanya untuk membunuh karakter Gubernur Papua," ujarnya.

Menurut Benyamin Gurik, kasus ini seperti halnya yang dialami mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu.

"Harus banyak belajar dari pengalaman penetapan tersangka oleh KPK kepada mantan Gubernur Papua bapak Barnabas Suebu, yang akhirnya ia divonis penjara tujuh tahun tanpa bukti hukum yang jelas," klaimnya.

Untuk itu, KNPI Papua bakal bekerja keras untuk menolak tudingan miring kepada Lukas Enembe.

"Kami bakal menolak setiap tudingan miring yang dialamatkan kepada Gubernur Papua aktif, bapak Lukas Enembe," tegasnya.

Gurik berujar, gratifikasi adalah sebuah tuduhan pembunuhan karakter yang tidak manusiawi yang disengaja oleh KPK.

Baca juga: Aksi Bela Lukas Enembe Digelar Selasa, Ketua Wilayah Adat Lapago: Masyarakat Papua Jaga Kamtibmas

"Sangat biadab dan kurang ajar, ada oknum yang bekerja di lembaga terhormat bernama KPK mempersoalkan transfer ini sebagai tindakan gratifikasi yang akhirnya mentersangkakan Gubernur Papua," katanya.

Selain penetapan tersangka, KNPI juga menilai KPK melakukan penggiringan opini liar yang mengorbankan nama baik Lukas Enembe.

"Ini secara sengaja dilakukan oleh KPK untuk mendiskreditkan Lukas Enembe. Kami pemuda/KNPI se Provinsi Papua bersama seluruh masyarakat Papua mendesak KPK agar segera menghentikan dugaan kriminalisasi kepada Gubernur Papua," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved