Rumah Pj Gubernur dan PJ Sekda DOB Papua Pegunungan Gunakan Sistem Sewa, Ini Alasannya

Rumah Penjabat (Pj) Gubernur dan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) DOB Papua Pegunungan nantinya akan disediakan dengan konsep sewa.

Tangkapan Layar Salinan UU Nomor 16 Tahun 2022
Peta wilayah provinsi Papua Pegunungan - Rumah Penjabat (Pj) Gubernur dan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) DOB Papua Pegunungan nantinya akan disediakan dengan konsep sewa. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua kelompok 2 Pokja III Satuan Tugas (Satgas) Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Pegunungan, Edi Cahyono mengatakan bahwa rumah Penjabat (Pj) Gubernur dan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Pegunungan nantinya akan disediakan dengan konsep sewa.

Diketahui, rumah Pj Gubernur dan Pj Sekda DOB Papua Pegunungan menjadi hal mendesak untuk segera dipenuhi mengingat provinsi ini akan segera diresmikan.

Penggunaan sistem itu dilakukan karena pemberian dana hibah yang sudah disepakati oleh delapan kabupaten se-Provinsi Papua Pegunungan baru dapat dilaksanakan setelah Pj Gubernur dilantik.

Baca juga: Tegaskan Moratorium DOB Belum Dicabut kecuali Papua dan Papua Barat, Wapres Minta Tak Dipolitisasi

Peta wilayah provinsi Papua Pegunungan yang tercantum di lampiran Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan
Peta wilayah provinsi Papua Pegunungan yang tercantum di lampiran Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan (Tangkapan Layar Salinan UU Nomor 16 Tahun 2022)

Karena itu, Pemda Kabupaten Jayawijaya mengusulkan kebijakan alternatif yakni dengan menggunakan skema dana talangan untuk memenuhi sarpras, khususnya rumah Pj Gubernur dan Pj Sekda.

Pemda Kabupaten Jayawijaya pun siap mengalokasikan dana talangan tersebut yang akan dikalkulasikan kembali setelah APBD Provinsi Papua Pegunungan terbentuk.

“Dalam hal ini Satgas Pokja III mengakomodir usulan kebijakan tersebut yang nanti akan disampaikan kepada kepada pimpinan untuk pengambilan kebijakan lebih lanjut. Kapasitas Satgas hanya menampung usulan kebijakan sebagai alternatif sebagai langkah-langkah percepatan untuk kesiapan pelantikan Pj Gubernur dan Pj Sekda,” jelas Edi dalam keterangannya hari Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Dorong Kesiapan Peresmian Provinsi Baru di Papua, Kemendagri Terjunkan Satgas Pengawalan DOB

Saat ini Pokja III telah mendata dan menginventarisasi berbagai keperluan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Papua Pegunungan.

Usulan pemenuhan sarpras melalui hibah maupun pinjam pakai terus divalidasi guna menyambut peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Pokja terus bekerja melengkapi data-data administrasi dan berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Termasuk rincian kebutuhan untuk 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Papua Pegunungan.

(Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemendagri: Rumah Pj Gubernur dan PJ Sekda Papua Pegunungan Gunakan Sistem Sewa

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved