Pemekaran Papua

Pokja Satgas DOB Percepat Penyediaan Sarpras Provinsi Papua Selatan

Upaya ini salah satunya dengan mendorong Pemerintah Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi memastikan calon lokasi perkantoran.

Tribun-Papua.com/ Ida
Anggota Pokja I Satgas Pengawalan DOB Papua Selatan, Edison Siagian. 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Kelompok Kerja (Poka) I Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) terus mempercepat penyediaan sarana dan prasarana (sarpras) bagi Provinsi Papua Selatan.

Hal itu terus dipacu mengingat Provinsi Papua Selatam bakal segera diresmikan.

Upaya ini salah satunya dengan mendorong Pemerintah Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi memastikan calon lokasi perkantoran, rumah dinas Penjabat (Pj) gubernur, Pj sekretaris daerah (Sekda), dan perangkat kerja lainnya di Provinsi Papua Selatan.

Baca juga: Forkonas PP DOB Minta Pemerintah Serius Kaji Pencabutan Moratorium Pemekaran Daerah

Selain itu, berbagai kebutuhan hasil konfirmasi Pokja I juga perlu segera dipenuhi oleh 4 Pemkab di Papua Selatan.

“Saya menyampaikan kepada teman-teman Provinsi Papua dan Kabupaten Merauke terutama agar mendukung supaya percepatan persiapan ini dapat dilakukan,” tutur anggota Pokja I Satgas Pengawalan DOB Papua Selatan, Edison Siagian kepada Tribun-Papua.com di Merauke, Sabtu (17/9/2022).

Edison yang merupakan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (SUPD) I Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan, pihaknya terus melakukan konfirmasi dan klarifikasi terhadap sejumlah ketentuan yang disepakati oleh Pemerintah Provinsi Papua dan kabupaten di Papua Selatan.

Baca juga: Dukung Pembentukan 3 DOB, Begini Sikap Tegas Tokoh Agama dan Cendekiawan Muda Papua

Berdasarkan kunjungan gelombang kedua Pokja I, didapati masih adanya beberapa kesepakatan yang perlu terus diperjelas pemenuhannya.

Adapun salah satu kesepakatan tersebut yakni menyangkut pemberian dana hibah dari Pemerintah Provinsi Papua dan empat kabupaten seperti Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel kepada Provinsi Papua Selatan.

Pokja I juga terus mengecek berbagai perkembangan dari hasil kesepakatan tersebut.

Di lain sisi, upaya memperjelas perkembangan tersebut juga perlu dilakukan oleh Pokja I pada kunjungan gelombang ketiga mendatang.

Baca juga: Rumah Pj Gubernur dan PJ Sekda DOB Papua Pegunungan Gunakan Sistem Sewa, Ini Alasannya

Rencananya, pada kunjungan gelombang ketiga nanti, Pokja I akan mempersiapkan terkait kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dan penyusunan kelembagaannya.

“Saya pikir itu juga sangat penting dan bagaimana pengadaan atau ketersediaan ASN yang akan mengisi organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan dibentuk itu perlu kepastian. Saya pikir gelombang ketiga bisa melakukan dengan lebih cepat dan lancar,” pungkas Edison. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved