Pilpres 2024

Turun Gunung, 3 King Maker Ini Bakal Usung Anies-AHY di Pilpres 2024?

Duet antara Anies yang menjadi calon presiden (capres) dan AHY menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
ILUSTRASI - Ahmad Khoirul Umam berpendapat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, dan Surya Paloh bisa menjadi tokoh yang bakal mendukung Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pilpres 2024 mendatang. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Tiga sosok king maker bakal turun gunung atau menyetujui duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024 mendatang.

Duet antara Anies yang menjadi calon presiden (capres) dan AHY menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam berpendapat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusuf Kalla, dan Surya Paloh bisa menjadi tokoh yang bakal mendukung keduanya dalam Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Anies Baswedan Dijegal Menuju Pilpres 2024, Dua Partai Ini Teriak Keras: Ada Genderuwo!

“Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku ayah biologis dan ideologis AHY, Jusuf Kalla sebagai mentor politik Anies, dan Surya Paloh sebagai king maker,” kata Umam dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Umam menilai, Anies-AHY punya dukungan dari partai politik (parpol) yang cukup kuat. Kondisi itu dapat tercipta jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem, serta Partai Demokrat jadi membentuk koalisi.

Jumlah total kursi Parlemen yang dimiliki ketiga parpol ketika membentuk koalisi akan menjadi yang terbesar dengan persentase 28,50 persen.

“Nasdem 59 kursi, Demokrat dengan 54 kursi, dan PKS yang punya 50 kursi. Artinya, pasangan Anies-AHY bisa memiliki bakal mesin politik yang prima dan kompetitif dalam pertarungan Pilpres 2024,” ujarnya.

Di sisi lain, Umam memandang Partai Demokrat hampir pasti melirik Anies untuk menemani AHY dalam Pilpres mendatang.

Sebab, partai berlambang mercy itu dinilai ingin mencari sosok yang merepresentasikan perubahan dan perbaikan.

Baca juga: Pengamat Sebut Duet Anies-AHY Punya Prospek Menjanjikan jika Diusung Demokrat-Nasdem-PKS

Semangat itu, menurut Umam, tak mungkin dipilih dari figur yang dekat dengan rezim kekuasaan atau menjadi kubu politik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved