Info Jayapura

Wujudkan Nelayan Berdaya Saing dan Unggul, Program Pemberdayaan di Kota Jayapura Digenjot

Mayheys mengatakan saat ini, pihaknya telah meluncurkan 3 program unggulan berbasis pemberdayaan kepada para Nelayan di Kota Jayapura.

Tribun-Papua.com/ Aldi
JAYAPURA TERKINI - Para Nelayan yang sedang memasarkan Ikan, hasil tangkapannya di Pusat Pelelangan Ikan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Minggu (18/9/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perikanan Kota Jayapura terus mendorong program pemberdayaan bagi para Nelayan di Kota Jayapura, Papua.

Hal itu bertujuan untuk mewujudkan Nelayan yang berdaya saing dan juga unggul.

"Berbagai program pemberdayaan, termasuk di dalamnya melalui pelatihan-pelatihan, penguatan jejaring, dan akses pasar telah dilakukan selama ini, baik Nelayan perikanan maupun Nelayan budidaya, " terang Kepala Dinas Kerikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi kepada Tribun-Papua.com di Jayapura Minggu (18/9/202).

Baca juga: AKHIRNYA! 3 Nelayan Hilang di Perairan Kondo Merauke Papua Ditemukan

Mayheys mengatakan saat ini, pihaknya telah meluncurkan 3 program unggulan berbasis pemberdayaan kepada para Nelayan di Kota Jayapura.

"Kami di Dinas Perikanan mempunyai 3 program unggulan yang terus berjalan, yaitu pengembangan perikanan tangkap, perikanan budidaya, hingga penguatan daya saing produk perikanan," rincinya.

Hingga kini dilaporkan sebanyak 2.139 Nelayan telah merasakan manfaat dari program tersebut.

Baca juga: Speedboat Dihantam Ombak di Perairan Kondo Merauke Papua, 3 Nelayan Hilang

Ke depannya, Dinas Perikanan Kota Jayapura akan terus menjangkau para Nelayan dengan program-program pemberdayaan ini.

"Tentu dengan ini bertujuan untu memberikan penguatan kepada para Nelayan, terlebih di masa pandemi Covid-19, " tambahnya.

Selain itu, Matheys juga menyampaikan bahwasanya Dinas Perikanan Kota Jayapura terus mendata segala kekurangan sarana maupun prasarana yang dibutuhkan para Nelayan.

"Ada sejumlah coolbox yang telah dibagikan, kemudian kebutuhan-kebutuhan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan program berjalan, " tandasnya.

Baca juga: Nelayan Kota Jayapura Harapkan Bantuan dari Dinas Perikanan

Dalam era digital, para Nelayan juga telah diberikan edukasi agar dapat mampu memiliki pengetahuan, melalui aplikasi berbasis web yang diinisiasikan oleh BMKG, untuk dapat mengetahui prediksi cuaca ketika melaut, kondisi perairan dan gelombang, hingga titik-titik koordinat posisi Ikan yang sedang berkumpul.

"Ini tentunya dapat diakses melalui sambungan internet, dan diharapkan dapat dimaksimalkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh para Nelayan kita, supaya lebih berkrmbang, berdaya saing unggul, dan maju, " tegasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved