Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke VI

Masyarakat Kampung Nendali Bakal Tampilkan Situs Sejarah Perang Dunia ke II Saat KMAN VI

Dengan berbagai kesiapan baik rumah adat, tempat inap dan spot-spot wisata terus dipersiapkan oleh masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Pap

Tribun-Papua.com/ Calvin
Tugu helikopter, salah satu situs sejarah peninggalan perang dunia ke II yang bakal ditampilkan oleh masyarakat Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua saat pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) pada 24-30 Oktober 2022 mendatang. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Seluruh Kampung di bumi kenambai-umbai begitu antusias dalam menyambut dan menyukseskan pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) di Wilayah adat Tabi, pada 24-30 Oktober 2022 mendatang, Sabtu (17/9/2022).

Dengan berbagai kesiapan baik rumah adat, tempat inap dan spot-spot wisata terus dipersiapkan oleh masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Salah satunya yaitu Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua yang bakal menampilkan sejumlah situs sejarah peninggalan perang dunia ke II disaat pergelaran kongres masyarakat adat nanti.

Kepala Kampung Nendali, Wemfrid Wally mengatakan sejumlah situs sejarah yang berada di Kampung Nendali, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, bakal dipromosikan kepada para peserta kongres masyarakat adat.

“Kami akan memperkenalkan seluruh situs sejarah peninggalan perang dunia ke II yang ada di Kampung Nendali, maka itu saat ini masyarakat sudah mulai membersihkan dan menata tempat-tempat tersebut agar menarik minat tamu kongres masyarakat adat nantinya," kata Wemfrid kepada awak media di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Selain itu, menurut Wemfrid, mereka juga bakal membuka akses jalan ke Macarthur

"Saat ini kami sedang bangun jalan alternatif ke tugu Macarthur, agar supaya tidak mengganggu kompleks militer," jelasnya.

Situs-situs sejarah yang dimaksudkan Wemfrid yakni, Tugu Tifa, Tugu Helikopter, Tugu Salib dan Tugu Macarthur di Ifar Gunung Sentani.

"Semua ini kita akan menjadikan sebagai objek wisatawan saat KMAN VI di Kampung nendali," ujarnya.

Menurutnya, pergelaran kongres masyarakat adat tidak hanya menjadi momen seremonial tetapi perlu juga dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi wisata yang berada kampung-kampung di Kabupaten Jayapura.

Dengan seluruh potensi dan kesiapan, maka Wemfrid mengatakan, masyarakat Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, siap menyambut dan menyukseskan pergelaran KMAN VI pada Oktober 2022 mendatang.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved