Sebut RUU DOB Papua Barat Daya Bakal Ditetapkan Jadi UU Bulan Ini, DPRPB: Mari Kita Syukuri

DPRPB memastikan RUU DOB Papua Barat akan ditetapkan menjadi undang-undang bulan September 2022.

TribunPapuaBarat.com/Safwan Ashari
Anggota DPR Papua Barat George Karel Dedaida - DPRPB memastikan RUU DOB Papua Barat akan ditetapkan menjadi undang-undang bulan September 2022. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua Panitia Kerja (Panja) Percepatan Pemekaran Provinsi Papua Barat Daya DPR Papua Barat (DPRPB), George Karel Dedaida memastikan Rancangan Undang-undang (RUU) Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Barat Daya akan ditetapkan menjadi undang-undang bulan September 2022.

Meski tak tahu tanggal pastinya, George menyebut penetapan RUU DOB Papua Barat Daya menjadi UU itu bakal dilakukan di akhir bulan ini.

"Kami pastikan ditetapkan akhir bulan ini. Tanggalnya kami belum tahu pasti," kata George saat ditemui awak media di Manokwari, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: DPR dan Pemerintah Sepakat RUU DOB Pemekaran Papua Barat Daya Segera Disahkan Jadi UU

Peta Pulau Papua
Peta Pulau Papua ((Google Maps))

George menjelaskan, paripurna tingkat I Komisi II DPR RI sudah diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Dalam paripurna itu, Komisi II bersama Kementerian Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas, dan Kementerian Hukum dan HAM telah menyetujui Provinsi Papua Barat harus dimekarkan menjadi dua provinsi, termasuk Papua Barat Daya.

"Jadi tinggal penentuan jadwal paripurna besar," kata George.

Ia mengapresiasi dukungan dari seluruh elemen masyarakat di wilayah Sorong Raya yang getol menyuarakan pemekaran tersebut.

Aspirasi ini sebenarnya sudah digaungkan sejak 2001, namun baru terealisasi pada 2022.

Baca juga: Tegaskan Moratorium DOB Belum Dicabut kecuali Papua dan Papua Barat, Wapres Minta Tak Dipolitisasi

Respons positif dari pemerintah pusat, ucapnya, perlu ditindaklanjuti dengan menjaga situasi dan kondisi agar wilayah Sorong Raya tetap kondusif.

"Selama 20 tahun didorong. Sekarang sudah jadi, mari kita syukuri berkat yang Tuhan sudah beri," ucap Ketua Fraksi Otonomi Khusus DPR Papua Barat ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved