Aksi Bela Lukas Enembe

Aksi Massa Bela Lukas Enembe di Papua Diduga Diupayakan Pihak Tersangka, KPK Beberkan Hal Mengerikan

Aksi massa bela Lukas Enembe di Jayapura pada Selasa (20/9/2022) diduga dikondisikan oleh orang-orang di lingkaran Gubernur Papua. Siapa?

Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
PROTES - Ribuan demonstran Koalisi Rakyat Papua mulai mendatangi titik utama demonstrasi Save Lukas Enembe di Taman Imbi, Kota Jayapura, Papua, Selasa (20/9/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Aksi massa bela Lukas Enembe di Jayapura pada Selasa (20/9/2022) diduga dikondisikan oleh orang-orang di lingkaran Gubernur Papua tersebut.

Hal ini disampaikan Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Karyoto, dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Adapun Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait dugaan penerimaan gratifikasi senilai Rp 1 miliar.

Meski begitu, Karyoto mengatakan, aksi unjuk rasa tersebut merupakan kebebasan masyarakat yang dilindungi oleh Undang-undang.

Baca juga: TERNYATA Selama Ini BPK Tak Berhasil Periksa Keuangan Gubernur Papua Lukas Enembe, Kok Bisa?

"Demo ini kan kebebasan warga masyarakat untuk mengeluarkan pendapat (yang) dilindungi Undang-undang. Hanya saja, kita ini melihat bahwa (ini) suatu demo yang diupayakan oleh pihak tersangka LE (Lukas Enembe)," ujarnya.

Karea itu, Karyoto menegaskan komisi antirasuah menghargai berbagai pendapat yang mengemuka terkait proses hukum yang tengah dilakukan.

Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat mengumpulkan sejumlah lembaga penegak hukum untuk membicarakan persoalan di Papua.

"Kenapa misalnya Menko Polhukam mengumpulkan para penegak hukum yang terkait dengan Papua? Itu memang dirasa perlu, situasi di sana agak berbeda dari yang biasanya," ucap Karyoto.

Diberitakan, aksi demonstrasi mendukung Lukas Enembe oleh kelompok yang menamakan diri sebagai "Koalisi Rakyat Papua" dilakukan pada Selasa.

Baca juga: Harta Lukas Enembe Dilaporkan ke KPK Rp33 Miliar, Dari Mana Uang Rp560 M yang Disetor ke Kasino?

Namun demikian, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Victor Mackbon sempat mengatakan, polisi tidak memberikan izin atas demo yang menyerukan dukungan terhadap Gubernur Papua itu.

"Jadi, kami menyampaikan surat penolakan terkait aksi tersebut karena dari aksi itu belum bisa dijelaskan siapa saja korlap-korlapnya karena massa yang dibawa nanti ada sekitar 4.000 orang," ujar Victor, di Jayapura, Senin (19/9/2022). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Duga Demo "Save Lukas Enembe" Diupayakan Pihak Tersangka",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved