Pemprov Papua

WASPADA Hoaks, Masyarakat Papua Diminta Bijak Bermedsos: Cek Fakta Sebelum 'Share' Informasi

Masyarakat diminta pro aktif mengecek kebenaran dari setiap informasi yang muncul di medsos, sebelum meneruskannya ke publik. 

Dok Diskominfo Provinsi Papua
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jeri A. Yudianto saat memberikan keterangan kepada awak media. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Masyarakat Papua diimbau mewaspadai hoaks atau informasi bohong di media sosial (medsos) atas situasi politik dan keamanan yang terjadi belakangan ini.

Sebab, hoaks dapat memecah belah kesatuan bangsa.

Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto, di Jayapura, Rabu (21/9/2022). 

Jeri meminta masyarakat pro aktif mengecek kebenaran dari setiap informasi yang muncul di medsos, sebelum meneruskannya ke publik. 

Baca juga: Harta Lukas Enembe Dilaporkan ke KPK Rp33 Miliar, Dari Mana Uang Rp560 M yang Disetor ke Kasino?

Jika tidak, maka secara tidak langsung mereka justru akan ikut menyebarkan hoaks lewat akun medsos miliknya. 

“Misalnya dia dapat informasi hoaks di medsos lalu dia teruskan lagi lewat akun pribadi miliknya tanpa mengecek kebenaran info itu."

"Ini yang kita takutkan, sehingga kita harap masyarakat jangan mudah percaya segala bentuk pemberitaan di media sosial, baik itu dalam bentuk gambar atau berita yang belum jelas kebenarannya," ujarnya. 

Jeri lagi-lagi mengimbau warga untuk lebih bijak mengelola media sosial atas situasi politik dan keamanan di Papua belakangan ini.

Baca juga: Aksi Massa Bela Lukas Enembe di Papua Diduga Diupayakan Pihak Tersangka, KPK Beberkan Hal Mengerikan

Karena selain memecah belah, informasi hoaks bertujuan untuk memprovokasi sehingga muncul konflik yang akan mengganggu keamanan dan ketertiban daerah. 

“Mari kita saling menghargai satu dengan lainnya serta lebih bijak mengelola media sosial atas situasi yang ada saat ini,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved