Kongres Masyarakat Adat

Kampung Yakonde Siap Tampilkan Makanan Lokal Saat Kongres Masyarakat Adat

Kesiapan itu seperti rumah inap, tempat sarasehan bahkan pangan lokal yang nantinya akan ditampilkan saat pagelaran Kongres Masyarakat Adat nantinya.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Para ibu-ibu di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, dalam kesempatanya, Istri dari kepala suku kampung Yakonde mengatakan mereka bakal menampilkan menu lokal dalam pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) pada Oktober 2022 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam rangka menyambut pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) di Wilayah Tabi, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, pada 24-30 Oktober 2022 mendatang, seluruh masyarakat di Bumi Kenambai-Umbai terus melakukan berbagai kesiapan, Selasa (20/9/2022).

Kesiapan itu seperti rumah inap, tempat sarasehan bahkan pangan lokal yang nantinya akan ditampilkan saat pagelaran Kongres Masyarakat Adat nantinya.

Seperti yang bakal dilakukan oleh masyarakat Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang siap menampilkan menu lokal disaat pergelaran Kongres masyarakat adat.

Baca juga: Persiapan KMAN VI di Kampung Kayo Pulau 90 Persen, Evert Meraudje: Kota Jayapura Mantap Sambut Tamu

Istri kepala suku Kampung Yakonde, Ibu Katrin Taime mengatakan, masyarakat Yakonde sangat bersyukur lantaran bisa menjadi salah satu kampung yang dipilih sebagai lokasi sarasehan dan tempat penginapan saat KMAN VI nantinya.

Dengan penunjukan itu, maka menurut Katrin mengatakan, soal konsumsi para ibu-ibu di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, bakal menyiapkan semua kepada para tamu KMAN VI nantinya.

 

 

"Jadi kita tidak hanya menyediakan menu umum, tetapi kita juga akan tampilkan menu lokal seperti Papeda, Ikan Ebehele, (ikan yang dimasak dalam belanga tanah liat), umbi-umbian, sayur-sayur, sagu bakar dan lainnya," kata Katrin.

Baca juga: PDAM Jayapura Komitmen Optimalkan Pelayanan Air Bersih Selama KMAN VI

Lanjut dia, mereka juga bakal bekerja sama dengan ibu-ibu PKK, dan persekutuan Wanita di Gereja (PW).

“Jadi nanti kami akan siapkan dua dapur, satu untuk menu umum, dan satunya untuk menu lokal, tetapi pastinya makanan lokal yang menjadi menu utama," ujarnya.

Pada prinsipnya, menurut Katrin, seluruh ibu-ibu di Kampungnya siap mendukung dan mensukseskan pergelaran KMAN VI pada Oktober 2022 mendatang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved