Pemkot Jayapura

Sikapi Masalah Sampah Plastik di Objek Wisata Pantai, Ini yang Dilakukan DLHK Kota Jayapura

Dolfina mengatakan pihaknya terus mengimbau warga Kota Jayapura untuk selalu menjaga kebersihan, dan membuang sampah pada TPS.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Dolfina Jece Mano. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menyikapi masalah sampah plastik di sejumlah objek wisata pantai, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura terus berupaya melakukan pengawasan secara rutin.

Hal tersebut dikatakan Kepala DLHK Kota Jayapura, Dolfina Jece Mano kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (22/9/2022).

"Kami untuk tahun 2022 ini, ada kegiatan khusus seputar pengawasan, walaupun memang secara regulasi sudah diatur jelas, tetapi tak dapat dipungkiri masih saja ada sampai di sejumlah pantai," katanya.

Baca juga: Terminal Taman Mesran Jayapura Tampak Kotor, Sampah Plastik Berserakan

Lebih jauh, Dolfina mengatakan pihaknya terus mengimbau warga Kota Jayapura untuk selalu menjaga kebersihan, dan membuang sampah pada TPS yang telah ditentukan pada saat jam-jam tertentu saja.

"Berbagai upaya telah dilakukan DLHK Kota Jayapura untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan, di antaranya memasang papan bicara di beberapa spot, termasuk di TPS," tandasnya.

 

 

Wanita murah senyum itu menambahkan, khusus masalah sampah yang berserakan di Jalan Hamadi Holtekamp, telah dibersihkan dari rekan-rekan pada bidang persampahan.

"Setelah kami amati memang adanya indikasi bahwa sampah-sampah tersebut dibuang oleh warga ataupun berasal dari perumahan-perumahan yang ada di sekitar lokasi," lanjutnya.

Baca juga: Elis Kawer Sulap Sampah Plastik Jadi Pohon Natal

Dalam proses identifikasi yang dilakukan pihaknya, ditemukan banyak sampah yang terdiri dari sampah rumah tangga, aktivitas pertokoan, maupun material sampah lainnya.

"Hingga saat ini pemantauan akan dilakukan, mengingat belum didapati siapa yang membuang sampah di area itu, untuk itu yang dilakukan adalah mengkroscek di lapangan apakah sudah cukup ketersediaan tempat sampah," tambahnya.

Menyikapi masalah tersebut, Dolfina menegaskan kesadaran masyarakat menjadi penting untuk ditingkatkan, agar Kota Jayapura dapat menjadi kota yang bersih, indah, aman, dan nyaman. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved