Pemkot Jayapura

Frans Pekey Dorong OPD Pemkot Jayapura Implementasikan SBA

Pembangunan kota yang inklusif, rendah karbon, dan tangguh menjadi tujuan yang akan dicapai oleh kota mitra yang tergabung dalam program Cities4Forest

WRI Indonesia
Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, saat menghadiri lokakarya yang digelar World Resources Institute (WRI) Indonesia beberapa waktu lalu, pada salah satu hotel di ibu kota Provinsi Papua itu, Jumat (23/9/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam gelaran lokakarya yang digelar World Resources Institute (WRI) Indonesia, Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey mengharapkan agar para OPD yang hadir dapat mengimplementasikan Solusi Berbasis Alam (SBA).

Dalam rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com Jumat (23/9/2022), diketahui lokakarya sebagai bagian dari Program Cities4Forest WRI Indonesia itu, berlangsung pada sebuah hotel di Kota Jayapura pada Selasa, 20 September 2022 lalu.

"Saya berharap perangkat daerah yang hadir dalam kesempatan ini dapat mengimplementasikan solusi berbasis alam untuk perencanaan spasial yang inklusif, sesuai tugas pokok fungsi masing-masing, " kata Frans.

Deputi Direktur Program Iklim, Energi, Kota, dan Laut WRI Indonesia, Almo Pradana mengatakan, pembangunan kota yang inklusif, rendah karbon, dan tangguh menjadi tujuan yang akan dicapai oleh kota mitra yang tergabung dalam program Cities4Forests yang dilaksanakan.

"Termasuk Kota Jayapura, dan tentunya dalam pelaksanaan, kami berkolaborasi dengan Koalisi Transisi di Perkotaan (CUT) di kota ini, " tandasnya.

Dikatakannya, pembangunan kota yang didukung oleh penilaian dasar atas kesiapan kota, terkait agenda solusi berbasis alam (nature based solutions), menjadi tema lokakarya yang diselenggarakan oleh Cities4Forest.

"Kami turut memperkenalkan konsep solusi berbasis alam dan pengumpulan data, serta informasi melalui diskusi dengan pemangku kepentingan terkait, " sambungnya.

Lewat lokakarya ini, tim WRI Indonesia memberikan pemaparan materi mengenai solusi berbasis alam, yaitu bahasan terkait infrastruktur untuk berbagai permasalahan kota, khususnya yang bersinggungan dengan perubahan iklim, seperti banjir.

Tim WRI Indonesia juga memandu peserta dalam diskusi, soal kesiapan kota dalam menerapkan agenda solusi berbasis alam.

Serta, dikatakan Almo, bertujuan menghasilkan penilaian dan rekomendasi, atas langkah-langkah yang dapat diambil oleh para pemangku kepentingan di Kota Jayapura.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved