Pemkab Jayapura

Pemkab Jayapura Pastikan Pembangunan Tempat Sarasehan di Ayapo Capai 80 Persen

Untuk mendukung keberlangsungan agenda sarasehan saat kongres masyarakat adat nanti, masyarakat kampung juga telah menyediakan 12 rumah inap.

Tribun-Papua.com/ Calvin
Kepala Kampung Ayapo, Lewi Puhili mengatakan pembangunan tempat sarasehan di Kampung tersebut sudah mencapai 80 persen. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan pembangunan tempat sarasehan di Kampung Ayapo, Distrik Sentani Timur, sudah mencapai 80 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Kampung Ayapo, Lewi Puhili kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (22/9/2022).

"Pembangunan tempat sarasehan ini sudah hampir selesai,” kata Ayapo.

Selain itu, menurut Lewi, untuk mendukung keberlangsungan agenda sarasehan saat kongres masyarakat adat nanti, masyarakat kampung juga telah menyediakan 12 rumah inap.

"Kami juga siapkan 12 rumah dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi dan MCK. Rumah-rumah ini untuk menampung peserta kongres masyarakat adat yang datang di Kampung Ayapo, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua," jelasnya.

Kampung Ayapo menyiapkan 25 rumah untuk menyambut tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara, mereka akan duduk dan makan bersama seperti di Obhe
Kampung Ayapo menyiapkan 25 rumah untuk menyambut tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara, mereka akan duduk dan makan bersama seperti di Obhe (Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita)

Menurut Lewi, ke 12 rumah itu terdiri dari rumah kepala suku, dan dan beberapa rumah warga

Tidak hanya itu, menurutnya, masyarakat kampung bakal menyediakan tempat ibadah untuk para tamu nantinya.

"Untuk mengantisipasi peserta yang beragama muslim, kami juga akan segera membuat Mushola agar disaat pelaksanaan sarasehan nanti, para tamu bisa langsung menjalankan ibadah di Kampung Ayapo," ujarnya.

Sekedar diketahui, pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) bakal digelar pada 24-30 Oktober 2022 mendatang.  

Kegiatan ini akan digelar sekaligus dengan dua agenda besar lainnya seperti Festival Danau Sentani, dan peringatan 9 Tahun masyarakat adat Kabupaten Jayapura.  

Agenda tersebut juga akan menghadirkan ribuan tamu dan ratusan komunitas adat di seluruh Indonesia.(*)  

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved