Pemprov Papua

Pemprov Papua Terima Penghargaan WTP ke-5 Kalinya, Ini Kata Sri Mulyani!

Penghargaan kali ini terasa manis, karena Pemprov Papua menerima penghargaan untuk kali kelima secara berturut-turut dari Kementerian Keuangan.

DOK Pemprov Papua
Pemerintah Provinsi Papua meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2021, kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Keberhasilan Pemerintah Provinsi Papua meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2021, kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Penghargaan kali ini terasa manis, karena Pemprov Papua menerima penghargaan untuk kali kelima secara berturut-turut dari Kementerian Keuangan.

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Menkeu Sri Mulyani diterima oleh Sekda Papua Ridwan Rumasukun didampingi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Papua Nus Weya, pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022 di Ballroom Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: BPK Kesulitan Periksa Keuangan Lukas Enembe, Eks Ketua MK: Banyak Disclaimer!

“Apresiasi ini diberikan oleh pemerintah kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan yang telah disusun, dengan kategori Penghargaan WTP Minimal 15 Kali berturut-turut, Penghargaan WTP Minimal 10 Kali Berturut-turut, Penghargaan WTP Minimal 5 Kali Berturut-turut, serta Penghargaan WTP Tahun 2021,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sambutannya.

 

 

“Pemerintah bekerja luar biasa keras menggunakan instrumen APBN Untuk meringankan dan memulihkan ekonomi. Kita menggunakan resource ini tentu kemudian harus dipertanggungjawabkan," sambungnya.

Sementara penghargaan tersebut juga diraih Pemprov Papua, atas raihan delapan kali berturut-turut mendapat penghargaan opini WTP dalam penyusunan laporan keuangan.

Satu di antara indikator pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan adalah diperolehnya opini WTP.

Baca juga: Yunus Wonda Bantah Tudingan Pemprov Papua Selalu Disclaimer Soal Status Keuangan WTP

Dimana pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan atas raihan opini WTP untuk LKPP, LKBUN, LKKL, dan LKPD serta mendorong agar capaian tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Oleh karena, itu di dalam LKPP tahun 2021 kita semuanya melaporkan apa yang digunakan dan apa yang berubah dari keuangan negara yang dikelola oleh masing-masing Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah”.

"Dimana jumlah yang memperoleh WTP tahun ini mengalami peningkatan yakni pemerintah dari 500 menjadi 542 pemerintah daerah,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved