Gubernur Lukas Enembe Diperiksa KPK

Soroti Kasus Gubernur Lukas Enembe, KNPI: Saya Sesalkan Perlakuan KPK Mendeligitimasi Kepala Daerah

KPK jangan jadikan alat mendeligitimasi kepala daerah dengan kewenangannya, lakukan azas praduga tidak bersalah terlebih dahulu

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
MENDELIGITIMASI - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama, menyayangkan sikap KPK terhadap kasus yang menjerat Gubernur Papua, Lukas Enembe, Jumat (23/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kasus dugaan korupsi yang menjerat Gubernur Papua, Lukas Enembe mendapat reaksi keras dari berbagai pihak. 

Salah satunya dari Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama, yang ikut menyoroti kasus Gubernur Papua, Lukas Enembe yang ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Baca juga: Minta Gubernur Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK, ICW: Kalau Terus Mangkir Selayaknya Dijemput Paksa

"KPK jangan jadikan alat mendeligitimasi kepala daerah dengan kewenangannya, lakukan azas praduga tidak bersalah terlebih dahulu," kata Haris melalui rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Jumat (23/9/2022).

Menurut pandangannya, sikap KPK tersebut ujung-ujungnya yang dirugikan rakyat daerah tersebut, seperti yang terjadi di Papua saat ini.

"Saya sangat menyesal dan mempertanyakan, mengapa bisa kepala daerah dengan kondisi mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, bisa diperlakukan seperti apa yang terjadi oleh gubernur Papua, " tandasnya.

Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Papua kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas pengelolaan laporan keuangan untuk delapan kalinya secara berturut-turut. 

"Atas pencapaian itu, kita ketahui bersama Pemprov Papua menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kelima kalinya, pada 2022 ini, kenapa bisa Kepala Daerahnya dijadikan tersangka oleh KPK," tanya Haris. 

Baca juga: TERNYATA Ini Penyebab Mengapa Banyak Warga Papua Bela Lukas Enembe meski Sudah Jadi Tersangka KPK

Haris Pertama melanjutkan, dengan memuji prestasi Pemprov Papua atas torehan WTP berturut-turut. 

"Pemprov Papua di bawah komando Gubernur Lukas Enembe sudah bekerja luar biasa keras menggunakan instrumen APBN," tegasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved